PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

889 Usulan Kegiatan Digodok Saat Musrenbang Kabupaten Bangli Tahun 2020

Jumat, 29 Maret 2019

00:00 WITA

Bangli

2382 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Sebanyak 889 usulan masyarakat disampaikan untuk digodok dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Bangli tahun 2020 yang digelar Jumat (29/03/2019) di gedung BMB Kantor Bupati Bangli. Kegiatan yang dibuka Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM, mewakili Bupati Bangli juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles, Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali, unsur forum komunikasi pimpinan daerah serta OPD dilingkungan Pemkab Bangli.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bangli Drs. I Nyoman Widiana, M. Pd.H dalam laporannya menyampaikan bahwa, tema pembangunan kabupaten bangli tahun 2020 yang telah ditetapkan dalam RPJMD adalah Peningkatan Kreatifitas dan Inovasi Daerah Menuju Bangli yang Unggul di Segala Bidang. Prioritas pembangunan tahun 2020 yakni peningkatan pendidikan, kesehatan dan layanan sosial, pembenahan tata kelola objek pariwisata, peningkatan penanganan panen dan pasca panen produk pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peningkatan peranan dan fungsi adat istiadat dan peningkatan pemerintahan yang demokratis, bersih dan efisien. Ditambahkannya, rumusan prioritas dan sasaran pembangunan daerah tahun 2020 beserta pagu indikatifnya akan didiskusikan kembali, untuk mendapatkan masukan-masukan konstruktif terutama masukan dari delegasi kecamatan dan dari anggota DPRD Bangli, dari masukan-masukan yang diberikan diharapkan dapat mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas di tahun 2020.

Lebih lanjut disampaikan, adapun usulan masyarakat melalui musrenbang RKPD di kecamatan berjumlah 889 kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp. 775.809.484.500. Rinciannya, usulan masyakat kecamatan Bangli berjumlah 89 kegiatan dengan anggaran Rp 60.241.335.000. Kecamatan Susut 191 kegiatan dengan jumlah anggaran Rp 81.715.385.000. Kecamatan Tembuku sebanyak 350 kegiatan dengan jumlah anggaran Rp 249.968.377.500 dan kecamatan Kintamani 415 kegiatan dengan jumlah anggaran Rp 383.884.387.000.

Sementara Bupati Bangli dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM mengatakan musrenbang kabupaten merupakan forum yang sangat strategis yang diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan dengan mindset tidak lagi money follow function melainkan harus sudah berubah menjadi money follow program priority. Karena itu, kegiatan yang direncanakan tidak boleh asal-asalan atau sekedar kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan yang dilaksanakan harus benar-benar dipilih berdasarkan skala prioritas dan benar-benar mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan sesuai kewenangan dan tupoksi masing-masing perangkat daerah,” ungkapnya.

Ditambahkan, pelaksanaan Musrenbang RKPD ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis dalam upaya menyusun prioritas pembangunan tahun 2020, untuk mewujudkan masyarakat Bangli yang Gita Santi. “Untuk mencapai prioritas pembangunan dengan mindset money follow program priority, menjadi penting menekankan aspek holistik-tematik yang dalam perumusan program/kegiatan maupun pelaksanaannya dilakukan oleh lintas sektor dan lintas PD, Integratif yang dalam perumusan program/kegiatan maupun pelaksanaanya dilakukan secara terintegrasi melalui beberapa program  yang saling mendukung dan spasial yang memperhatikan pertimbangan lokasi pelaksanaan program/kegiatan,” jelasnya. Lebih lanjut pengendalian terhadap pelaksanaan program/kegiatan juga harus mampu meberikan hasil monitoring dan evaluasi secara lebih konkrit terhadap program/kegiatan yang tidak meberikan nilai manfaat kepada masyarakat secara riil, karena didalam prosesnya fungsi pengendalian menjadi umpan balik atau input dalam penyusunan dokumen perencanaan. ard/ari


Komentar

Berita Terbaru

\