PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Luasan Tanam Beras Merah Cendana Diperluas

Kamis, 19 Juli 2018

00:00 WITA

Tabanan

3045 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) Tabanan melakukan kerjasama dengan subak Blangkunang Desa Babahan Penebel untuk memenuhi permintaan pasar di tengah keterbatasan produksi beras merah cendana. Kerjasama ini berupa penanaman padi beras merah cendana seluas 10 hektar di subak tersebut.

Kepala Bagian Perencanaan PDDS Tabanan, I Made Pasek Dharma, menjelaskan serapan beras merah cendana di PDDS Tabanan mencapai 400 kilogram hingga 500 kilogram per bulannya. Dan selama ini PDDS membeli gabah kering sawah di petani seharga Rp 10.500 perkilogram. “Beras merah cendana saat ini masih kita dapatkan dari petani di Desa Mengesta maupun Desa Jatiluwih,” ungkapnya.

Produksi beras merah milik petani tidak hanya diserap oleh PDDS saja karena produk beras merah cendana Tabanan sudah dilirik pasar luar sehingga stoknya akan semakin sulit didapatkan. Maka dari itu, untuk bisa memenuhi permintaan pasar, PDDS melakukan kerjasama dengan subak Blangkunang seluas 10 hektar. “Penanamannya sudah dimulai. Dan kita harapkan hasilnya bisa memenuhi permintaan beras merah cendana,” imbuhnya.

Dengan luasan 10 hektar, kata dia setidaknya bisa menghasilkan 40 ton gabah kering giling dan semuanya dipastikan akan dibeli oleh PDDS Tabanan. “Satu hektar ditaksir menghasilkan empat ton gabah kering giling. Jadi kalau 10 hektar dihasilkan 40 ton. Dari 40 ton ini diperkirakan menghasilkan 20 ton beras merah cendana,” tandasnya.ayu/aga


Komentar

Berita Terbaru

\