PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Garase KPU Bangli “Disulap” Jadi RPP

Jumat, 25 Mei 2018

00:00 WITA

Bangli

4017 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Banglisuaradewata.com - Akibat kekurangan lahan dan fasilitas bangunan, KPU Kabupaten Bangli memanfaatkan dan menyulap garase yang ada di kantor setempat sebagai Rumah Pintar Pemilu (RPP).  Peresmian RPP tersebut, dilakukan oleh Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi Ketua KPU Bangli Dewa Agung Gede Lidartawan, perwakilan KPU Bali dan dihadiri pimpinan Forkompinda Bangli, Jumat (25/05/2018). Hadir juga saat itu, Panwaslu Bangli dan sejumlah siswa perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Bangli.   

Sesuai pantauan meski pembangunan dilakukan secara sederhana, namun fasilitas dalam RPP tersebut tidak kalah lengkapnya dengan daerah lain. "RPP ini sengaja kita setting agar masyarakat mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang Pemilu. Walau pun tempatnya kecil sepanjang kita mampu mengobsesi dan mengimplementasikan seluruh fasilitas kepemiluan ditempat ini, saya yakin akan menghasilkan sesuatu yang besar. Karena ide dan gagasan tidak dibatasi dengan ruang dan waktu ," jelasnya.

Berbagai fasilitas yang ada dalam RPP tersebut, seperti sejarah demokrasi dunia, sejarah pemilu Indonesia, tata cara pencoblosan dan berbagai data terkait pemilu. "Dengan RPP ini, kita harapkan masyarakat dapat belajar tentang pemilu. Sehingga kedepan, jika semakin banyak masyarakat tahu tentang kepemiluan maka kualitas pemilu juga akan semakin meningkat," jelasnya. Untuk itu, target sosialisasi kini ditargetkan menyasar pelajar dan keluarga. "Pemanfaatan RPP ini, untuk sementara akan kita intensifkan terlebih dulu. Kedepan akan sangat bagus, Pemkab bisa juga memfasilitasi agar tujuan yang ingin kita capai untuk mencerdaskan dan meningkatkan kualitas pemilu bisa terwujud," tegasnya.

Disisi lain, Bupati Bangli I Made Gianyar, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap keberadaan RPP tersebut. Sebab, ditengah keterbatasan yang ada, KPU Bangli mampu mengkemas sebuah tempat belajar untuk pengetahuan pemilu. Karena itu, diharapkan, dengan peresmian RPP tersebut, masyarakat Bangli bisa semakin cerdas dalam berdemokrasi.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\