PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Keren, Siswa SMAN 2 Tabanan Buat Kincir Air, Munculkan Bunyi Gamelan

Jumat, 27 April 2018

00:00 WITA

Tabanan

5487 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanansuaradewata.com -  Tugas kewirausahaan yang didapatkannya di sekolah membuat siswa SMAN 2 Tabanan ini berhasil menciptakan sebuah karya yang bisa dibilang cukup menakjubkan jika dikerjakan oleh anak seusianya. Ia membuat kincir air yang digerakkan dengan bantuan dynamo dan menimbulkan bunyi gamelan.

I Kadek Aditya Prabawa, 16, menjelaskan jika awalnya dirinya memang menyukai cara kerja kincir air, maka dari itu ia membuat sebuah kincir air untuk tugasnya dan ditambahkan gamelan agar berbeda. "Dan memang sejak SMP saya suka elektro jadi diisi dinamo untuj menggerakkan air," ujarnya saat Jumat (27/4/2018).

Akhirnya kincir air tersebut selesai dengan waktu pengerjaan sekitar tiga minggu yang lalu dengan bahan-bahan mulai triplek, sterofoam, kolaher, dynamo untuk menaikkan air, serta bambu yang menjadi bahan baku utama, dan gamelanny. "Pembuatannya cukup sulit, apalagi semuanya masih dikerjakan manual memotong bahannya belum pakai alat," imbuhnya.

Namun siswa kelas XI IPS 4 itu bersyukur karena karyanya tersebut mendapatkan nilai 98. “Sudah dinilai dan dapat nilai 98,” lanjutnya.

Ia juga mengaku siap untuk membuat kincir air tersebut dalam jumlah banyak apabila memang ada yang berminat.ayu/aga


Komentar

Berita Terbaru

\