PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Libatkan Ribuan Peserta, BPBD Tabanan Gelar Simulasi da Evakuasi Mandiri Serentak

Kamis, 26 April 2018

00:00 WITA

Tabanan

2994 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Ribuan siswa dan masyarakat dilibatkan dalam simulasi gempa di beberapa sekolah dan desa yang ada di Tabanan, Kamis (26/4/2018). Kegiatan tersebut dilakukan serangkaian dengan Hari Kesiagsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2018.

Adapun simulasi gempa bumi dan evakuasi mandiri itu dilakukan di SMPN 2 Selemadeg Timur, SLB Negeri Tabanan, SLB Bhayangkari Tabanan, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, dan Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, dengan total peserta mencapai 1.212 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Gusti Made Sucita menjelaskan bahwa simulasi bencana gempa bumi dan evakuasi mandiri itu dilakukan agar masyarakat memahami apa yang dilakukan ketika bencana alam tersebut terjadi, termasuk ke arah mana mereka harus mengamankan diri. “Harapannya ketika terjadi bencana masyarakat sudah tahu apa yang harus mereka lakukan dan kemana mereka harus mengamankan diri, itu ada jalur evakuasinya,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut digelar serangkaian dengan bulan April yang ditetapkan sebagai bulan kesiagsiagaan Nasional yang puncaknya dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 26 April 2018. “Termasuk juga bulan pengurangan resiko,” imbuhnya.

Disamping menggelar simulasi dan evakuasi mandiri, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke desa-desa di Tabanan guna mengurangi resiko bencana alam dan untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan. “Kesiapsiagaan masih perlu digemakan lagi untuk mengurangi resiko bencana alam, sehingga kita sudah lakuakn sosialisasi ke kecamatan dan ke desa-desa,” pungkas Sucita. ayu/ari


Komentar

Berita Terbaru

\