PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pemkab Tabanan Sambut Kedatangan Walikota Toyama Masashi Mori

Minggu, 26 November 2017

00:00 WITA

Tabanan

2853 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suara dewata

Tabanan, suaradewata.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan menyambut kedatangan Walikota Toyama Jepang, Mr. Masashi Mori Minggu (26/11) di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai Bali. Kedatangan Masashi Mori dan juga 3 orang pegawai pemerintah kota Toyama Divisi Lingkungan ke Bali utamanya adalah untuk menghadiri peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Jatiluwih, Tabanan Senin nanti. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ini merupakan proyek kerja sama antara Pemkot Toyama dengan Pemkab Tabanan. Hadir Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Asisten II Sekkab Tabanan I Wayan Miarsana serta OPD Tabanan terkait.

Kedatangan Masashi Mori juga disambut dengan ucapan selamat datang dan pengalungan bunga oleh Pihak Pemkab Tabanan. Masashi Mori mengatakan dirinya merasa sangat senang dapat menghadiri acara peresmian besok di Jatiluwih, karena akhirnya setelah 3,5 tahun harapan untuk mewujudkan proyek mikro hidro di Jatiluwih Kabupaten Tabanan dapat terlaksana. Meskipun kini status Gunung Agung dalam keadaan siaga tidak menyurutkan keinginannya untuk berkunjung ke Bali khususnya Tabanan.

“Kami sangat senang setelah hampir 3,5 tahun akhirnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ini dapat terwujud, dan akan diresmikan. Saya sangat senang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat Tabanan. Kami tidak takut dengan status Gunung Agung, karena di Jepang sendiri juga banyak gunung,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya berharap  dapat melakukan kerja sama dengan Kabupaten/Kota yang ada di Bali. Kota Toyama merupakan kota yang dipilih sebagai kota lingkungan masa depan (Future City) oleh pemerintah Jepang karena upaya-upayanya untuk mewujudkan kota model masa depan dan sedang mengembangkan teknologi perusahaan-perusahaan yang ada di Toyama baik ke dalam maupun luar negeri.

“Kerja sama dengan Tabanan ini merupakan awal yang sangat baik untuk memulai kerja sama lainnya. Kota Toyama menjalin kerjasama dengan World Bank (Bank Dunia) sehingga, kebutuhan-kebutuhan ke depannya dapat juga digaungkan ke Bank Dunia tersebut,” Imbuhnya.

Ini merupakan kunjungan Masashi Mori yang ketiga. Pada kunjungan yang pertama, Maret 2014 lalu, beliau datang berkunjung untuk menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama (MOU) antara Pemkab Tabanan dengan Kota Toyama dan pada saat itu disepakati untuk menjalin kerjasama pemasangan instalasi turbin air untuk membangkitkan listrik dengan memanfaatkan air irigasi persawahan Jatiluwih, yang mana listriknya diberdayakan untuk penerangan jalan di beberapa lokasi kawasan persawahan Jatiluwih dan beberapa pura di sekitarnya atau dikenal dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro merupakan pembangkit listrik teknologi terbaru yang diterapkan di Kabupaten Tabanan dan satu-satunya di Bali, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertanian Tabanan dan melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Tabanan.

PLTMH ini merupakan bantuan dari Toyama karena ketertarikannya atas keindahan alam Budaya Bali khususnya Tabanan, sehingga Pemkot Toyama terpanggil untuk ikut melestarikan dan berpartisipasi dalam pembangunan di Tabanan. Rencananya PLMH ini akan diresmikan Senin di Jatiluwih. rls/ari


Komentar

Berita Terbaru

\