PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Potensi Seltim Luar Biasa, Terungkap Saat Camat Kunjungi Dapur Suaradewata

Rabu, 26 Juli 2017

00:00 WITA

Tabanan

3999 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Potensi kecamatan-kecamatan di Tabanan ternyata tidak kalah hebatnya jika ditelusuri. Namun selama ini agak jarang terpublikasi sehingga kurang dikenal masyarakat. Atas hal itu dimotori Camat Selemadeg Timur (Seltim) I Gst Putu Ngurah Darma mulai merangkul semua pihak termasuk awak media dalam upaya memotivasi masyarakat lain melakukan upaya-upaya yang sama dalam mensejahterakan masyarakat.

Sebagai langkah awal Camat Seltim sengaja mengunjung dapur Redaksi www.suaradewata.com di Jalan teratai, Dukuh Tabanan guna memaparkan beberapa program kecamatan sehingga bisa menjadi ajang evaluasi dan perbaikan kedepannya. Kepada pimpinan redaksi www.suaradewata.com I Ketut Sugina, Camat Seltim Darma Utama mengatakan selama ini hampir semua kecamatan memiliki program-program unggulan sesuai dengan kondisi wilayah.  “Dalam membangun berbagai bidang kami sadar tidak bisa hanya pemerintah sendiri, namun perlu partisipasi semua pihak termasuk teman-teman media khususnya yang ada di Tabanan,” ucapnya saat berkunjung ke dapur redaksi, Rabu, 26/07/2017.

Pada intinya menurut Ngurah Darma pemerintah kecamatan adalah bagian dari pemerintah Kabupaten sehingga segala programnya sudah tentu dalam upaya mendukung program-program pemerintah Kabupaten Tabanan. “Untuk di Kecamatan Seltim saat ini yang menjadi program unggulan yang senafas dengan kabupaten adalah pengentasan kemiskinan, bedah warung, bedah rumah hal itu sesuai dengan arahan Ibu Bupati,” ucapnya.

Selain itu kata dia dibidang infrastrutur Kecamatan Seltim saat ini tengah menggaraf program partisipatif dan perbaikan infrastruktur jalan. “Untuk infrastruktur tahun ini Seltim dapat 4,7 km pengerasan hotmix yakni Gadungan - Munduk Pakel dan saat ini pengerjaan sedang berlangsung,” ucapnya.  Selain infrastruktur, dibidang pelayanan pihaknya tengah menggenjot pelayanan administrasi kecamatan dan tengah merencanakan program pelayanan kecamatan terintegrasi. “kedepan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kecamatan cukup sampai di desa, dan kita akan siapkan anjungan pelayanan terintegrasi, jadi masyarakat memasukkan data di desa dan sekaligus masuk ke kecamatan,” bebernya.

Dia juga penyebut pada Bulan November mendatang Kecamatan Seltim akan menggelar parade budaya selama tiga hari. Dalam parade budaya ini, sesuai dengan nafas Kabupaten pihaknya akan mengangkat potensi seni di kecamatan, melalui beleganjur, tari, parade band dan seni kolosal calonaranag bangkai matah. “Sesuai degan petunjuk Ibu Bupati dalam parade tersebut juga akan dijadikan ajang promosi UKM, pameran UKM, hasil bumdes termasuk kuliner,” tegasnya.

Lalu dibidang sosial, program pengentasan kemiskinan masih menjadi andalan. Dimana akan meneruskan program mengentasan kemiskinan melalui arisan masyarakat miskin, dan membangun parstisipasi semua pihak dalam pengentasan kemiskinan. “program ini sempat diapresiasi ibu Bupati tahun lalu, dan tahun ini sudah ada 14 Celengan yang terdaftar yang nanti akan kita buka untuk mewujudkan bedah rumah,” ucapnya selain juga akan pengadaan bangkung bibit babi kepada kelompok arisan masyaraka miskin.

Lalu apa program dibidang pariwisata.? ditanya demikian, menurut Darma Utama, mendorong terbangunnya destinasi wisata baru melalui desa wisata. Saat ini tengah dibentuk badan pengelola pariwisata desa sebagai pilot proyek ada tiga desa yakni Gunung Salak, tegal Mengkeb dan Beraban. “Tiga desa ini kita jadikan pilot proyek untuk mengembangkan dan menggali potensi pariwisata di wilayah Seltim,” ucap camat super dalam bergaul ini.gin/dev


Komentar

Berita Terbaru

\


PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jadikan Wayan Koster Milik Anak Muda Bali