PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Penampilan Gong Kebyar Tampilkan Kreatifitas Anak Muda

Minggu, 25 Juni 2017

00:00 WITA

Tabanan

3077 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Tabanansuaradewata.com - Penampilan Gong Kebyar pada malam parade budaya Desa Pakraman Bedha menampilkan kreatifitas anak muda di Panggung Terbuka Desa Pakraman Bedha Kecamatan Tabanan, Sabtu, (24/06/2017). Penampilan gong kebyar tersebut menampilkan 2 sekaa gong kebyar dari Banjar Tanah Pegat dan Banjar Pangkung Tibah Kelod.

Pada malam parade budaya di hari kedua, menampilkan 2 gong kebyar dari Banjar Tanah Pegat dan Banjar Pangkung Tibah Kelod. Yang masing-masing para penabuhnya dari generasi muda pada Banjar tersebut. Kedua sekaa gong kebyar tersebut, para penabuhnya dalam penampilannya menampilkan aktrasinya masing-masing. Selain itu, juga ada tarian bikul, tari bungan sandat serasi, tarian jauk manis dan tarian sekar ibing yang mengisi pada penampilan gong kebyar tersebut. Ketua Panitia Parade Budaya Desa Pakraman Bedha I Gede Nyoman Sugiarta mengatakan untuk Parade Budaya pada malam hari ini menampilkan 2 sekaa gong kebyar dari sekaa gong Kebyar Banjar Pangkung Tibah Kelod berhadapan dengan Banjar Tanah Pegat. Kata Dia, peserta pada gong kebyar tersebut menampilkan kreatifitas dari anak-anak muda. Dengan tujuan memberikan ruang dan tempat kepada generasi muda. Untuk berkreatifitas didalam mengekspresikan karya-karya seninya. Dimana masing-masing Banjar Pakraman menampilkan 3 materi dari 2 materi yang sudah disiapkan berbeda. 

"Pada malam hari ini hanya gong kebyar dan memang kami kemas yang tampil itu anak muda, sedangkan untuk kegiatan pameran tetap berjalan seperti biasa," ucap Sugiarta.

Bendesa Desa Pakraman Bedha I Nyoman Surata pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya parade budaya dan 25 tahum LPD Bedha tersebut. Dan hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan, lantaran sudah melihat prestasi remaja Desa Pakraman Bedha bisa menampilkan Parade Baleganjur maupun gong kebyar yang sangat luar biasa.

"Jadi kita punya bibit bibit penerus yang luar biasa untuk secara langsung nanti sebagai pewaris Adat dan Budaya," ucap Surata.ang/aga


Komentar

Berita Terbaru

\