PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Jatiluwih Agriculture Festival Berlangsung Selama 3 Hari

Minggu, 04 Juni 2017

00:00 WITA

Tabanan

4524 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Tabanansuaradewata.com - Jatiluwih Agriculture Festival akan berlangsung selama 3 hari. Selama Festival, akan diikuti oleh UKM yang ada di Kecamatan Penebel dan parade subak yang diikuti sebanyak 20 subak dari Caturangga Batukaru. Hal tersebut diungkapkan oleh Manager Operasional DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa mengungkapkan bahwa Jatiluwih Agriculture Festival berlangsung selama 3 hari. Dalam Festival tersebut, nantinya akan diikuti oleh 20 subak dari Caturangga Batukaru dan juga dari 4 desa tetangga.

"Kita selenggarakan Festivalnya dari tanggal 16 sampai 18 Juni," ucap Sutirtayasa saat rapat finalisasi acara Jatiluwih Agriculture Festival di Restaurant Bilys Jatiluwih, Minggu, (04/06/2017).

Baca : https://suaradewata.com/read/2017/04/11/201704110015/Jatiluwih-Agriculture-Festival-Pertama-Digelar-Juni-2017.html

Pada rapat finalisasi tersebut, dihadiri oleh koordinator di masing-masing Desa yang dihadiri oleh masing-masing Kepala Desa, dari UKM di kecamatan, dari Ketua Caturangga Batukaru, Dinas Pariwisata dan Camat Penebel. Sutirtayasa mengatakan bahwa rapat finalisasi tersebut untuk memastikan kesiapan dari para peserta Jatiluwih Agriculture Festival. Kata Dia, peserta Festival sudah siap menyiapkan dari apa yang mereka pentaskan nantinya. Dan pada rapat tersebut sudah final, lantaran para peserta sudah mengawali dari sebelumnya.

"Jadi apa yang akan ditampilkan, itu sudah terskejulkan semuanya untuk pementasan di pembukaan nantinya," ucapnya.

Dia menerangkan, bahwa Jatiluwih Agriculture Festival yang berlangsung selama 3 hari tersebut akan berakhir pada bulan Agustus. Yang bertepatan pada persemi budaya yang dilakukan nanti di Jaba Pura Petali. Sedangkan untuk Festivalnya sendiri yang ditampilkan adalah budaya pertanian yang melibatkan 20 subak Caturangga Batukaru tersebut. Yang nantinya akan menampilkan parade pertanian dengan tema "Memica Manik Galih". Selain itu juga ada sub-sub tema yang akan dipentaskan oleh subak-subak terkait. Yakni dari pengolahan, penanaman, perawatan dan juga pemanenan sawah itu sendiri.

"Nah itu yang mereka akan tampilkan nanti di acara pembukaan parade selama 3 hari itu juga," terangnya.

Baca : https://www.suaradewata.com/read/2017/05/25/201705250012/Jatiluwih-Agriculture-Festival-Juni-2017-Diawali-Ngusaba-Subak.html

Disamping itu, Jatiluwih Agriculture Festival juga bisa menarik wisatawan. Lantaran pada festival tersebut juga menampilkan tarian yang berasal dari Desa tetangga. Dimana dalam tarian tersebut dari Desa tetangga mengeluarkan 2 penari untuk ikut dalam festival tersebut. Yang akan menarik wisatawan untuk menonton tarian tersebut pada Jatiluwih Agriculture Festival. Untuk tempat yang akan dipakai nantinya adalah pada jalur obyek DTW Jatiluwih.

"Jadi kita harapkan nanti dari hasil dari Festival ini, bisa menyungguhkan seni budaya yang kita bisa tampilkan setiap hari, yang akan disuguhkan untuk wisatawan nantinya," harapnya.ang/aga


Komentar

Berita Terbaru

\