PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kerugian Ratusan Juta Akibat Beringin Tumbang

Minggu, 05 Februari 2017

00:00 WITA

Gianyar

3664 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Bencana pohon tumbang yang disebabkan hujan disertai angin kencang beberapa hari belakangan terjadi di seluruh wilayah di Bali. Seperti yang terjadi di jaba Pura Desa Banjar Pengosekan, Desa Mas, Ubud, Sabtu (4/2) pukul 22.00 wita, sebuah pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang menimpa bangunan yang berada di area pura. Akibatnya beberapa bangunan pura hancur dan kerugian yang diderita hingga ratusan juta rupiah.
 
Dari informasi yang berhasil didapatkan, kejadian yang bertepatan dengan hari Tumpek Landep saat warga Banjar Pengosekan, Desa Mas, Ubud sedang melakukan persembahyangan di Pura Catur Buwana sekitar pukul 20.00 wita. Tiba-tiba pohon beringin yang berada di jaba Pura Puseh tumbang mengarah ke jalan sehingga menutupi badan jalan. Pohon beringin juga menimpa tembok penyengker, candi bentar dan sebuah Bale Agung yang berukuran 4x8 meter.
 
Diperkirakan penyebab robohnya pohon beringin tersebut disamping pohon beringin sudah berusia tua mencapai ratusan tahun, juga karena sebelumnya cuaca hujan seharian penuh hingga pohon yang sudah lapuk menyebabkan tumbang. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian material atas rusaknya Bale Agung mencapai Rp. 400Juta.
 
Menurut keterangan dari Bendesa Adat Pengosekan I Wayan Sumantra, kejadian tersebut merupakan murni musibah, mengingat usia pohon beringin sudah tua dan berumur ratusan tahun. "Pohon beringin sudah tua dan lapuk  hingga menyebabkan tumbang," ujar Sumantra.
 
Sementara itu, Tim Penanggulangan Bencana Kabupaten Gianyar (BPBD) bersama Polsek Ubud dan dibantu oleh warga setempat, telah melakukan upaya pemotongan dan langsung mengangkat dahan maupun ranting pohon tersebut ke halaman LPD Pengosekan agar arus lalin bisa cepat difungsikan kembali. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\