PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Wabub Kasta Ikuti Karya Padudusan Agung Pura Goa Lawah

Selasa, 27 September 2016

00:00 WITA

Klungkung

4838 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Bertepatan dengan rahina Anggarakasih Medangsia, Pura Goa Lawah kembali melaksanakan karya padudusan agung. Wakil Bupati Klungkung Made Kasta yang didampingi Ny. Sri Kasta turut mengikuti puncak Upacara suci dipura yang berada diwilayah kecamatan Dawan ini, Selasa (27/9/2016). Upacara Padudusan Agung merupakan ritual upacara yang dilaksanakan guna mengharmonisasi alam beserta isinya yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Pura Goa Lawah merupakan Pura Sad Khayangan jagad, yang posisinya terletak di arah tenggara Pulau Bali. Tempat bersetana dewa Maheswara, pura ini disungsung oleh desa adat Pesinggahan, kecamatan Dawan. Pada piodalan kali ini nyejer sampai 4 Oktober atau selama tujuh hari.

Pada puncak karya kali ini di-puput Ida Pedanda Gede Keniten Gria Jumpung Anyar Dawan Klod dan Ida Pedanda Budha dari Gria Wanasari serta di Pura Puncak Sari oleh Ida Peranda Gede dari Gria Satria Kanginan. Wabup Made Kasta berharap pada karya padudusan agung ini seluruh umat hindu dengan bersama-sama melaksanakan persembahyangan selama Ida Batara nyejer di Pura Goa Lawah.

Klian pura Goa Lawah dr. Bagus Darmayasa mengatakan, serangkaian padudusan agung juga telah dilaksanakan upacara suci lainnya diantaranya Negtegang yang dilaksakan pada hari Rabu (21/9/2016), mendak tirta pada hari Jumat (23/9/2016) serta prosesi melasti dan mempepada pada hari Minggu (25/9/2016) yang diiringi ratusan umat Hindu di Desa Pesinggahan.

Dalam kehadirannya pada puncak piodalan ini, Wabup Made Kasta yang didampingi Nyonya Sri Kasta, turut hadir pula Wakil Ketua DPRD Nengah Arianta dan unsur tripika kecamatan Dawan yang disambut Perbekel Desa Pesinggahan Nyoman Swastika. jul/hai

 


Komentar

Berita Terbaru

\