PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Volume Sampah Meningkat, DKP Tambah Shift

Kamis, 08 September 2016

00:00 WITA

Tabanan

3759 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Pasca hari raya Galungan, volume sampah di Tabanan mengalami peningkatan hingga 30 persen dari hari biasanya. Untuk menanganinya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Tabanan menambah shift petugasnya. Namun, penambahan shift tersebut tetap membuat DKP kewalahan.

Dari pantauan pada Kamis (8/9/2016), tumpukan sampah terlihat di beberapa sudut wilayah. Mulai dari tempat pembuangan sementara sampai dengan pojokan tanah kosong.

Kepala DKP Tabanan I Wayan Sugatra mengungkapkan, hampir setiap hari raya, volume sampah rata-rata meningkat 30 persen. “Rata-rata 30 persen peningkatannya,” kata Sugatra.

Kondisi itu, sambung dia, sudah diperhitungkan sebelumnya. Sehingga untuk mengantisipasi, pihaknya menambah jumlah shift petugas serta menerjunkan enam unit truk pengangkut.

"Sebetulnya ini masih dalam batas normal. Makanya, dari dua shift kita tambah jadi tiga shift. Kita siapkan tenaga khusus. Saat penampahan, enam truk dijadikan tiga shift. Nanti kalau masih ada endapan yang meluber sampai ke jalan, kita antisipasi dulu dipermukaan, kita akan tambahkan shif lagi," jelasnya.

Menurutnya, meningkatnya volume sampah umumnya disebabkan sisa persembahyangan. "Umumnya sampah lungsuran atau sisa persembahyangan. Biasanya saat Umanis Galungan, sisa persembahyangan saat Galungan baru dikeluarkan seluruhnya,” tandasnya. ang/hai


Komentar

Berita Terbaru

\