PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Jambore Nasional 2016 Gunung Batur

Kamis, 26 Mei 2016

00:00 WITA

Bangli

5103 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

ist

Bangli, suaradewata.com Dalam rangka mempromosikan pariwisata Kintamani dan memuliakan Bumi Geopark Batur TCM (The Caldera Management)  dan Forum Satu Tujuan mengadakan kegiatan edukasi berupa jambore nasional.

"Satu Tujuan, Satu Visi & Misi." Sebuah komunitas non profit dari Forum Satu Tujuan (di mana komunitas pendaki gunung & aktivis alam berkumpul & melakukan kegiatan amal). Sebuah karya kolektif berdasarkan filosofi dalam masyarakat Bali yang disebut "ngayah" yang berarti bergabung bekerja bersama dalam tanggung jawab dan saling kerjasama.

Forum Satu Tujuan adalah sarana katalis mendukung beberapa organisasi masyarakat dan individu independen, yang memiliki kesatuan visi dan misi dalam usaha konservasi alam, terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, kegiatan amal dan kegiatan di luar ruangan seperti opsih (operasi bersih-bersih) gunung, pantai & alam bebas.

Banyak pendaki gunung dan penggiat alam bebas terutama di Indonesia masih kurang kesadaran khususnya kesadaran akan pentingnya melindungi alam, sehingga banyak yang masih mengotori & vandalisme terhadap lingkungan / fasilitas umum.

Saat ini kegiatan di luar ruangan yang dilakukan oleh para pecinta alam dan kegiatan di alam bebas berkembang pesat di Indonesia, tetapi juga berkontribusi terhadap masalah sampah sebagai hasil dari rendahnya kesadaran/awareness terhadap pentingnya pelestarian lingkungan dan alam.

Forum Satu Tujuan dalam misi untuk mengadakan Jambore Nasional Mt. Batur 2016 Provinsi Bali, bermaksud untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta memberikan pendidikan akan pentingnya melindungi bumi pertiwi bagi generasi muda. Berkontribusi untuk daerah Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Mengomentari mengenai event Jambore Nasional Mt. Batur 2016, I Wayan Winarta, Ketua dari Forum Satu Tujuan, mengatakan: "Singkatnya, pelestarian dan perlindungan alam merupakan kunci keberhasilan dalam upaya untuk melindungi lingkungan dari kerusakan yang signifikan karena peningkatan intensitas sampah, terutama sampah plastik. Tapi upaya ini sangat bergantung pada pengetahuan dan kesadaran akan lingkungan hidup itu sendiri."

Alasan mengapa Forum Satu Tujuan memilih Mt. Batur;

- Karena sebagai individu dan sebagai aktivis alam di Bali, Forum Satu Tujuan merasa bahwa Mt. Batur memiliki intensitas tertinggi para pendaki gunung dari seluruh dunia, dengan banyaknya volume sampah dan kurangnya manajemen pengelolaan sampah.

- Danau Batur adalah sumber air utama di wilayah Bali, di samping Danau Buyan dan Danau

Tamblingan, sedangkan pasokan air Danau Batur terancam karena konsentrasi sampah dan kegiatan masyarakat yang tidak tepat dilakukan di Danau Batur; Pertambangan, penambangan pasir ilegal, pembalakan liar, dan kegiatan gunung membuat hutan di daerah Kintamani dan Batur terus menerus mengalami penurunan persediaan air bersih.

Event Jambore Nasional Mt. Batur 2016 diadakan pada 28-29 Mei 2016 di Mt. Batur, Kintamani melalui desa Culali, bekerjasama dengan The Caldera Management yang merupakan organisasi yangdiberikan mandat oleh desa adat Batur untuk pemberdayaan masyarakat, menata, mengelola dan melestarikan alam di kawasan wisata di Desa Adat Batur. Yang melatarbelakangi Desa Adat Batur membentuk The Caldera Management adalah untuk membantu program pemerintah Kab. Bangli mempertahankan status Global Geopark Network dari UNESCO th. 2012 silam. Anugrah GGN ini bisa saja di cabut oleh UNESCO apabila Pemerintah dan masyarakat tidak bisa menjaga kawasan Caldera Batur dan tidak bisa memberikan efek domino untuk pemberdayaan kemajuan ekonomi masyarakat lokal. Sehingga The Caldera Management bersama sama PemkabBangli akan bekerjasama dalam memuliakan bumi CalderaBatur seperti apa yang diamanatkan oleh UNESCO. Menurut I Putu Widnyana selaku Wakil Ketua yang berpartisipasi dari pihak TCM di kegiatan Jambore Nasional ini:“Sudah sepatutnya kami turut memberi sumbangsih memelihara dan menjaga kelestarian alam di tanah kelahiran kami dan kami akan menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional maupun internasional seperti Jamboree ini reguler setiap semesternya, sehingga The Caldera Management akan menjadi sebuah prolog dalam kemajuan pariwisata dan pelestarian lingkungan di palemahan Desa Adat Batur.Tidak lupa juga dukungan oleh Desa Adat Batur, 3 desa dinas Batur, dan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam). gus


Komentar

Berita Terbaru

\