PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tahun 2016 Pengidap HIV/AIDS di Bali Capai 13 Ribu Jiwa

Minggu, 17 April 2016

00:00 WITA

Denpasar

5679 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com Penderita penyakit HIV/AIDS di Bali meningkat, dimana tahun 2014 hanya 8.000 orang, dan tahun ini sudah mencapai 13.774 jiwa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, di Forum Podium Bali Bebas Bicara, di Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (17/4).

“Sejak saya masuk tiga tahun lalu, yang awalnya mengidap HIV/AIDS itu hanya 8.000 jiwa sekarang sudah mencapai 13.774 orang,”jelasnya.

Dari jumlah tersebut, menurutnya tidak hanya diidap oleh orang Bali, tapi ada warga luar daerah yang tinggal dan berobat di Bali.

“Itu campuran tidak hanya warga kita saja, tapi semua masyarakat yang tinggal di Bali. Pasalnya setiap orang yang mengidap HIV/AIDS tidak akan berobat di daerahnya sendiri,”ungkapnya.  

Dia menjelaskan, meningkatnya penderita penyakit mematikan itu karena tidak kehati-hatian masyarakat terhadap tubuhnya. Penyakit HIV/AIDS ini bisa ditularkan melalui hubungan seks bebas dan narkoba karena sering bergantian memakai jarum suntik.

Ia pun menghimbau kepada warga masyarakat bahwa harus memeriksakan dirinya dan melakukan konseling.

“Kalau mereka melakukan konseling dan periksa nanti akan ketahuan penyakit. Sehingga bisa ditangani lebih cepat, jangan sampai terlambat,”ujarnya.

Imbuhnya, masyarakat yang menderita HIV/AIDS ini bisa mendapatkan pengobatan di rumah sakit, pukesmas dan LSM-LSM yang ada di Bali secara gratis.

Dari pemerintah provinsi Bali sendiri, menyiapkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk menanggulangi penyakit HIV/AIDS ini.

Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali ini juga menegaskan, bagi yang mengidap HIV/AIDS jangan menyebar luaskan kepada yang lain.

“Kita sudah lakukan pembinaan, selain itu juga menyiapkan dana dan memberikan pengobatan,” pungkasnya. ids


Komentar

Berita Terbaru

\