PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Ribuan Umat Katolik Denpasar Ikuti Misa Jumat Agung

Sabtu, 26 Maret 2016

00:00 WITA

Denpasar

4035 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Ribuan umat Katolik di Kota Denpasar, mengikuti Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Denpasar, Jumat (25/3). Untuk kebaktian pertama yang dimulai Pukul 14.00 Wita misalnya, umat bahkan tak tertampung di pusat Gereja Katolik untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat itu.

Potret serupa juga terekam saat kebaktian kedua yang dimulai Pukul 16.00 Wita. Umat Katolik dari wilayah Kota Denpasar dan sekitar, tampak tumpah ruah, baik di dalam maupun di luar areal gereja. Bahkan, sebagian umat terpaksa mengikuti jalannya Misa Jumat Agung dengan berdiri di ruas-ruas jalan di sekitar Gereja Katedral Denpasar.

Meski dibanjiri umat, namun jalannya kebaktian untuk mengenang kisah sengsara dan wafat Yesus Kristus ini berjalan dengan aman dan tertib. Selain dijaga petugas dari internal gereja, Misa Jumat Agung kali ini juga dikawal ketat aparat kepolisian.

Dalam Misa Jumat Agung ini, umat Katolik diajak untuk mengenang sekaligus merenungkan pengorbanan Yesus, yang menderita dan disalibkan untuk menebus dosa umat manusia. "Yesus wafat, bukan berarti Dia telah kalah. Sebaliknya, Yesus menderita dan wafat untuk kemudian menang, sebab pada akhirnya Yesus bangkit dari kuburan pada hari ketiga," kata Romo Yoseph Wora, yang memimpin jalannya Misa Jumat Agung, dalam kotbah singkatnya.

Selain mendengarkan Bacaan Suci tentang kisah sengsara Yesus Kristus, dalam Misa Jumat Agung ini umat Katolik juga diajak untuk mencium salib. Prosesi Cium Salib ini diikuti seluruh umat yang hadir dengan tertib dan khidmat.

Seluruh rangkaian kebaktian Jumat Agung di Gereja Katedral Denpasar kali ini, diawali dengan pementasan Tablo Kisah Sengsara Yesus. Drama yang dibawakan oleh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar ini, dimulai Pukul 08.00 Wita - Pukul 10.00 Wita. Pementasan serupa juga terekam di Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Tuban, dan dibawakan oleh OMK setempat.

Sementara itu, pelaksanaan Misa Jumat Agung di sejumlah gereja lainnya di Kota Denpasar, juga berjalan lancar dan aman. Seperti di Gereja Katolik Yesus Gembala Yang Baik Ubung, Gereja Emanuel serta Gereja Kepaon Denpasar yang semuanya dimulai pada Pukul 15.00 Wita.san


Komentar

Berita Terbaru

\