Kawal Pemilu Aman dan Lancar, Pj. Bupati Gianyar Koordinasikan Stakeholder

  • 26 Januari 2024
  • 17:25 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 742 Pengunjung
Pj. Bupati Gianyar, Dewa Tagel Wirasa saat melakukan koordinasi dengan para stakeholder termasuk KPU dan Bawaslu, Jumat, (26/01/2024)

Gianyar, suaradewata.com - Guna memastikan tahapan pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 berjalan aman dan lancar, Penjabat Bupati Gianyar, Dewa Tagel Wirasa mengajak para stakeholder yakni Forkopimda, KPU, dan Bawaslu bersinergi agar persiapan hingga pelaksanaan pemilu Tahun 2024 pada 14 Pebruari 2024 mendatang berjalan dengan aman dan kondusif di Taman Maheswara Kantor Bupati Gianyar, Jumat (26/1).

“Kita ketahui bersama tahapan pemilu sudah berjalan dan tinggal menghitung hari saja, perhelatan politik akbar akan segera memasuki masa pencoblosan pada tanggal 14 Pebruari. Penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat, dan menyamakan persepsi terkait tentang penyelengaraan pemilu sesuai tugas masing-masing,” ujar Pj. Bupati Gianyar, Dewa Tagel Wirasa. Untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait Pemilu, pada kesempatan tersebut turut menghadirkan para awak media. 

Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura mengatakan persiapan logistik pelaksanaan pemilu tahun 2024 khususnya di Kabupaten Gianyar sudah 95%, dan tinggal loading di beberapa kecamatan. “Terkait logistik pemilu, seluruh komponen surat suara itu sudah terpenuhi dan pada saat ini masih kita lakukan loading bagi 3 kecamatan yang belum. Dan saat ini sedang berproses, mudah-mudahan sesuai target di tanggal 4 Pebruari semua logistik tersebut siap didistribusikan,” kata Wayan Mura

Sementara itu, Anggota Bawaslu Gianyar, I Wayan Gede Sutirta mengatakan Bawaslu terus berkomitmen untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan pada tiap tahapan Pemilu 2024, serta melakukan pengawasan terhadap netralitas diantaranya ASN, Aparatur Desa, dan netralitas TNI-Polri. “Kami terus melakukan pengawasan, mulai jajaran Panwascam maupun Panwasdesa/kelurahan, lebih dari 300 titik telah kami awasi berkaitan kampanya tatap muka maupun pertemuan terbatas yang dilakukan oleh rekan-rekan partai politik maupun calon DPD dan DPRD yang tersebar diseluruh wilayah Gianyar ini,” ungkapnya.

Disisi lain, Kabag Ops Polres Gianyar, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira mengatakan Polres Gianyar akan selalu siap mengamankan setaiap tahapan penyelenggaraan pemilu, mulai dari pendistribusian hingga pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Dimana dari jauh-jauh hari sudah melakukan kordinasi dengan Pemda, KPU, Bawaslu dan stakeholder terkait guna memastikan penyenggaraan pemilu ini berjalan aman dan lancar. “Polres Gianyar siap dalam pengamanan pada pemungutan dan penghitungan suara,” tegasnya.

Beberapa yang menjadi atensi para awak media yaitu bagaimana para lansia dan penyandang disabilitas yang tidak bisa mendatangi TPS bisa menyalurkan hak pilihnya. Juga apakah ada TPS yang berada di wilayah blankspot. Kemudian juga terkait penghitungan dan perekapan hasil perolehan suara pada pemilu sebelumnya yang memakan banyak korban dari KPPS.

Untuk masyarakat yang berhalangan hadir di TPS, KPU Gianyar menyebut sudah ada aturan dan mekanismenya, yakni mendatangi mereka ke rumah-rumah jika penungutan suara di TPS sudah selesai, surat suara masih tersedia dan mendapat persetujuan dari KPPS dan Pengawas.

 

KPU Gianyar menyebutkan bahwa tidak ada TPS yang berada di area blank spot sehingga proses pelaksanaan pemilu bisa berjalan sesuai rencana.

Terkait pasca pemungutan suara, prosesnya telah disederhanakan sehingga mencegah kelelahan ekstrem pada petugas pelaksana pemungutan suara di masing-masing TPS.   rls/gus/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER