Evaluasi SAKIP 2018, Mas Sumatri Minta PD Terus Lakukan Perbaikan Kinerja

  • 29 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1900 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com- SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem untuk kinerja tahun 2018 akan dievaluasi. Setelah mendapatkan predikat B pada penilaian sebelumnya, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan perbaikan perencanaan program dan SAKIP Kabupaten Karangasem perlu dilakukan Perangkat Daerah (PD) hingga predikat BB bahkan A. 

“Setelah berhasil meraih predikat B, kita akan mengevaluasi SAKIP secara bertahap. Karena penguatan akuntabilitas kinerja di lingkungan Pemkab Karangasem saat ini  harus lebih terintegrasi, dan yang terpenting harus lebih berdampak positif bagi masyarakat,” ungkap Bupati dalam acara Evaluasi SAKIP Kabupaten Karangasem oleh Inspektorat Daerah Provinsi Bali, Rabu (28/8/2019) di Wantilan Kantor Bupati Karangasem . 

Bupati menjelaskan, hasil penilaian SAKIP Kabupaten Karangasem tahun 2017 memperoleh predikat B dengan nilai 67,38, meningkat dari tahun sebelumnya dengan nilai 66,24. Hal ini patut disyukuri bahwa Karangasem mampu mempertahankan predikat tersebut sejak tahun 2014 dengan nilai yang terus meningkat. 

Namun, lanjut Mas Sumatri, dari lima komponen penilaian ada tiga komponen yang nilainya turun, yaitu perencanaan kinerja. evaluasi internal, dan pencapaian sasaran/kinerja. “Sangat disayangkan mengingat saat ini kita sedang mengejar predikat BB. Rekomendasi perbaikan yang diberikan telah ditindaklanjuti. meskipun mungkin ada yang belum sempurna,” ucapnya. 

Untuk Itu, melalui kesempatan evaluasi tersebut, Mas Sumatri berharap Tim i memberikan penilaian yang objektif dengan mempertimbangkan upaya perhatian yang telahPemkab Karangasem lakukan. Saran dan kritik yang membangun diterima dengan tangan terbuka demi penyempurnaan SAKIP Kabupaten Karangasem ke depan. 

Inspektur Daerah Provinsi Bali I Wayan Sugiada menegaskan, evaluasi SAKIP untuk penerapan akuntabilitas sudah memadai dari hal penyusunan dokumen, namun dari sisi substansi masih perlu diperbaiki, ditambah dengan kriteria-kriteria lainnya. 

“Fokus penggunaan anggaran harus pada sasaran pembangunan daerah. Ini dihasilkan dari kolaborasi PD  melalui intervensi fokus prioritas program masing-masing, sejak dari perencanaan yang terintegrasi dengan baik” imbuhnya. 

Menyikapi harapan Bupati Karangasem , plh Sekda Sujana Erawan meminta agar PD melakukan kajian evaluasi bukan hanya pada dokumen perencanaan, tapi lebih pada segi implementasi pada kinerja di lapangan. “Kita akan terus mengupayakan dan meningkatkan kinerja hingga predikat SAKIP BB, dengan menjalankan akuntabilitas keuangan supaya akurat dengan program yang kita rencanakan,” ujar Sujana Erawan.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER