Tuntaskan Bantuan Bencana Lombok, Relawan Muslim Karangasem Galang Bantuan Untuk Korban Gempa dan Ts

  • 03 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2362 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com- Gempa berkekuatan 7.4 SR yang mengguncang Kota Palu dan  Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) yang memicu terjadinya Tsunami hingga meluluhlantakkan Palu dan Donggala dengan ribuan korban jiwa dan luka-luka, mengundang simpati dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Karangasem. Berbagai oraganisasi masyarakat di Karangasem berupaya untuk mengumpulkan sumbangan guna membantu masyarakat Palu dan Donggala yang sedang dilanda musibah.

Relawan Muslim Karangasem, saat ini tengah berupaya untuk mengumpulkan sumbangan guna membantu masyarakat korban bencana gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala. “Kami tengah berupaya untuk mengumpulkan sumbangan guna membantu masyarakat korban gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala,” ungkap Koordinator Relawan Muslim Karangasem, Affan Irfan Fauziawan, kepada wartawan Selasa (3/10). Namun saat ini pihaknya mengaku tengah fokus untuk menuntaskan misi bantuan untuk warga korban gempa di Lombok Utara dan Lombok Timur.

Disebutkannya sampai saat ini tim Relawan Muslim Karangasem, masih secara rutin diberangkatkan ke Lombok Utara untuk membantu masyarakaat khususnya di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh bantuan, termasuk membangun masjid darurat diantaranya di Dusun Monggal, Dusun Paok Rempek dan Dusun Tapos Kujur, Desa Gelenggang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. “Tiga dusun itu benar-benar terpencil dan sulit dijangkau jadi itu menjadi fokus relawan kami. Termasuk signal provider telekomunikasi juga tidak ada jadi sangat sulit untuk berkomunikasi,” sebutnya.

Fokus kegiatan bantuan pasca gempa yang dilaksanakan pihaknya di toiga dusun tersebut selain membangun masjid darurat, juga membangun jaringan pipa air bersih dan menyediakan tangki air bersih berkapasitas 1100 liter, membangun jaringan listrik, melakukan pembagian beras dan sembako untuk masyarakat di tiga dusun itu termasuk bantuan perlengkapan kewanitaan, baby care dan bantuan makanan tambahan bagi Balota dan anak-anak.

Nah model penggalangan bantuan dan penyaluran bantuan seperti yang dilaksanakan di Lombok itulah yang rencananya akan dilaksanakan untuk membantu masyarakat korban gempa di Palu dan Donggala. “Untuk penggalangan dana, ada beberapa sumber donatur diantaranya dari komunitas One Day One Thousant (ODOT) Karangasem, Komunitas Perkasa, dan Komunitas Gerugak Karang Sokong,” bebernya. Dan untuk bantuan yang disalurkan ke Lombok beberapa waktu lalu, Relawan Muslim Karangasem juga mendapat Support dari petugas dan jamaah Haji Sektor 11, yang difasilitasi oleh Kepala Bidang Uurusan Haji Provinsi Bali, H. Khusnul Hadi.nov/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER