Warga Penuhi Rapat Musrenbangcam

  • 04 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3055 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbangcam) Kecamatan Tegallalang sesak oleh kehadiran utusan desa yang memadati Aula Kantor Camat Tegallalang. Membludaknya kehadiran warga disebabkan karena warga yang ingin memastikan usulan mereka diakomodir masing-masing SKPD serta pihak terkait. Hal tersebut terungkap saat Musrenbangcam yang dihadiri jajaran SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Adnyani Mahayastra, utusan desa dan kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa tersebut dibuka Camat Tegallalang, I Nyoman Darmawan, di Aula Kantor Camat Tegallalang, Gianyar, Rabu (3/2).

Camat Tegallalang, I Nyoman Darmawan mengatakan partisipasi warga Tegallalang terkait pelaksanaan Musrenbangcam cukup tinggi, setiap tahun masyarakat selalu hadir dan ingin memastikan usulan mereka diakomodir SKPD dan pihak terkait. Pelaksanaan Musrenbangcam dihadiri enam utusan desa dan setidaknya dua orang merupakan wakil perempuan. Namun, Musrenbang juga dihadiri pihak-pihak terkait yang peduli terkait pembangunan desa. Utusan desa bermusyawarah serta membentuk tim untuk memprioritaskan daftar usulan masing-masing desa dan diajukan ke SKPD terkait dan menunjuk utusan sebagai wakil dalam mengawal usulan tersebut ke kabupaten. “Panitia Musrenbang Kecamatan Tegallalang sudah mempersiapkan segala hal, namun kapasitas aula membuat warga dan peserta Musrenbang harus rela mengikuti dari luar aula,”terangnya.

Ketua Forum Perbekel Kecamatan Tegallalang, I Wayan Pasek Yusabawa mengatakan kegiatan Musrenbang juga dirangkai dengan agenta Tutup Buku dan Perencanaan Keuangan kelembagaan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Tegallalang. Kegiatan tersebut juga berkaitan dengan Musrenbangcam, sehingga menambah sesaknya pelaksanaan Musrenbangcam. Ia juga mengatakan kalau maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang dan tutup Buku berjalan optimal dan segala keputusan diambil secara musyawarah mufakat. “Warga sangat antusias melaksanakan Musrenbang, walau sampai pukul 16.00Wita,” imbuhnya.  

Senada yang diungkapkan Sekdis Bappeda Kabupaten Gianyar, AA Gde Budiarta kalau Musrenbang merupakan komponen penting dalam menyusun Rencana Kerja Peembangunan Kabupaten Gianyar 2017. Musrenbangcam juga merupakan acuan dalam menyususun APBD Tahun 2017. Musrenbangcam dilaksanakan secara bergilir dimulai dari Kecamatan Gianyar, Selasa (2/2), Tegallalang Rabu (3/2), Payangan Kamis (4/2), Ubud Senin (15/2), Blahbatuh Selasa (16/2) dan terakhir Sukawati Rabu (17/2).gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER