Sosialisasi Pilkada Lewat Lomba Cerdas Cermat Pemilu

  • 29 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4483 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Berbagai upaya dilakukan KPU Tabanan dalam mensosialisasikan Pilkada Tabanan utamanya sosialisasi kepad pemilih pemula. Setelah menggelar pemilihan Ketua Osis di SMA 1 Kediri berapa waktu lalu, kini KPU Tabanan menggelar lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK. Namun sayang dari 35 jumlah SMA/SMK yang ada di Tabanan, yang ikut ambil bagian hanya 19 tim. Cerdas cermat pemilu itu digelar di STISIP Margarana Tabanan, Kamis (29/10).

Komisioner KPU Tabanan divisi sosialisasi Putu Gede Weda Subawa yang langsung memantau jalannya lomba mengatakan kegiatan itu merupakan program pusat. Kata dia KPU pusat menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk sosialisasi pendidikan pemilu dikalangan pemilih pemula dan atau calon pemilih. “Dan kegiatan lomba kali ini adalah bagian dari sosialisasi yang anggaranya dari KPU Pusat sebesar 10 juta, anggaran ini sama dengan anggaran pemilihan osis d SMA Kediri beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Sementara Ketua STISIP Margarana, I Wayan Madra Suartana sangat menyayangkan minimnya partisipasi sekolah dalam kegiatan lomba cerdas cermat pemilu kali ini. Padahal kegiatan yang dianggarkan KPU pusat ini tidak dipungut biaya sama sekali. "Kegiatan ini sangat penting artinya bagi pemilih pemula, meski sudah gratis namun pesertanya minim,” ucapnya. Untuk lomba tersebut kata dia pihak panitia telah bersurat ke sekolah-sekolah sepuluh hari sebelumnya.

Dipihak lain Kadisdikmudora Tabanan Putu Santika mengatakan pihaknya sudah mengimbau agar masing-masing sekolah mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba cerdas cermat pemilu. Terkait minimnya jumlah peserta dalam lomba ini, dikatakannya semua kembali pada kebijakan anggaran sekolah. "kemungkinan kepala sekolah tidak berani mengambil kebijakan untuk anggaran transport ke tempat acara apalagi sekarang penerapan manajemen berbasis sekolah," ujarnya. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER