Kemendag Evaluasi Pemanfaatan DAK Pasar Tematik Ubud 

  • 19 Juli 2023
  • 08:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1449 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, melakukan evaluasi pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perdagangan pada Pasar Rakyat Tematik Ubud, Selasa (18/7). Tim evaluasi Kementerian perdagangan yang dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan RI, Suhanto disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Dewa Gde Alit Mudiarta di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar.

Sekda Dewa Alit mengungkapkan bahwa keberadaan Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud merupakan salah satu landmark pariwisata Ubud, disamping sebagai sarana perdagangan, juga sebagai distribusi logistik dan menjadi indikator perekonomian masyarakat khususnya Ubud.

“Revitalisasi Pasar Tematik Wisata Ubud ini juga merupakan bagian pelaksanaan dari Masterplan Kawasan Pariwisata Ulapan yang meliputi Ubud, Tegallalang, Payangan, sebagai salah satu upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada sektor pariwisata di Kabupaten Gianyar,” ungkapnya.

Harapannya, dengan berbagai fasilitas penunjang, Pasar Tematik Wisata Ubud diharapkan dapat menjadi pasar yang representatif, tertata dengan baik, cashless dengan digitalisasi dalam proses transaksi serta akomodatif terhadap perkembangan dimasa yang akan datang. 

“Dengan mengusung konsep tematik wisata, pasar ini merupakan salah satu amenitas baru pariwisata yang selain berfungsi sebagai pasar seni, juga tetap berfungsi sebagai pasar yang menjual kebutuhan pokok masyarakat,” harap Dewa Alit.

Dilanjutkannya sejalan dengan pembangunan yang telah dilaksanakan, dirinya berharap agar Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud yang telah terbangun akan dapat mendukung dan menumbuhkembangkan sektor pariwisata kawasan Ubud, mendukung Ubud sebagai salah satu kawasan wisata terbaik dunia, mampu meningkatkan kesejahteraan serta menjadi penggerak perekonomian masyarakat Kabupaten Gianyar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Luh Gede Eka Suary menjelaskan Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud dibangun dengan total anggaran Rp. 94.644.986.033, baik yang berasal dari DAK Kementerian Perdagangan RI tahun 2022 dan PAD Kabupaten Gianyar tahun 2022 dan 2023, yang mampu menampung total 987 pedagang, yang terdiri dari 829 pedagang los dan 158 pedagang kios. 

Dalam perawatannya, Eka Suary menjelaskan bahwa Pasar Rakyat Tematik Ubud dalam kebersihan dan keamanannya bekerjasama dengan pihak ketiga. Disamping itu, dalam pengelolaannya juga menggunakan digitalisasi seperti e-retribusi untuk menekan kebocoran serta meningkatkan pendapatan asli daerah. 

Dari jumlah kunjungan, ke berbagai destinasi wisata di Ubud dipaparkannya sejak Bulan Januari 2023 hingga Juli mencapai 510.435 orang mancanegara dan 3.075 domestik. “Jadi tidak kurang dari 300 orang setiap harinya wisatawan datang mengunjungi dan berwisata di Pasar Rakyat Tematik Ubud. Sehingga roda perekonomian kini telah kembali berputar kembali sejak beroperasinya Pasar Rakyat Tematik Ubud,” paparnya. 

Dilain sisi, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan RI, Suhanto mengungkapkan bahwa tampilan pasar tematik Ubud sangat representatif sebagai percontohan pasar tematik. Meski demikian dirinya memberikan masukan agar dilakukan suatu inovasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan. 

”Saya lihat disana ada ruang yang bagus sekali untuk melakukan pertunjukan. Apalagi Bali khususnya Gianyar sangat kental dengan seni. Jadi bisa dijadwalkan seminggu sekali atau 2 kali sehingga jumlah kunjungan semakin meningkat,” paparnya. 

”Sehingga jika hal tersebut dapat berlangsung, disamping wisatawan membeli barang kerajinan juga dapat melihat langsung kebudayaan Bali,” lanjutnya. 

Dirinya juga menyarankan agar Satpol PP melakukan tindakan tegas terhadap pedagang yang berjualan diluar sekitar pasar. ”Kalau ada yang jualan di luar pasar, ngemper atau gimana nanti Satpol PP harus ambil tindakan tegas, karena ini akan menjadi penyakit kedepannya,” harapnya. 

Hal serupa juga diungkapkjan Deputi Ekonomi Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti, dalam pasar tematik harus jelas tentang konsep wisata yang ditawarkan. Narasi yang dibangun dan branding terhadap pasar. 

”Pasar tematik ini harus memiliki konsep pengelolaan berkelanjutan serta mampu mewujudkan konsep pasar pariwisata sebagaimana yang diusung dalam konsep DAK tematik pariwisata. Terlebih pasar tematik Ubud merupakan pilot projek yang akan menjadi percontohan harus menampilkan semua yang terbaik,” jelas Amalia.

Dilanjutkannya, konsep grand design Pasar Ubud sebagai pusat perdagangan karya seni lokal. Disamping sebagai pusat inkubasi dan HUB pengembangan karya seni setempat dan pusat eksebisi karya kreasi seni lokal sehingga dapat menjadi pusat perdagangan serta ruang-ruang komunal wadah kreasi. rls/gus/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER