Kelola Sampah Mandiri, Mahayastra Serahkan Bantuan 2 Unit Truk Sampah

  • 19 Juli 2023
  • 08:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1570 Pengunjung
Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menyerahkan bantuan 2 unit truk sampah, Selasa (18/7)

Gianyar, suaradewata.com- Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menyerahkan bantuan 2 unit truk sampah, masing-masing satu unit untuk Banjar Padang Tegal Tengah, Ubud dan satu unit untuk Desa Pejeng Kawan, Tampaksiring, Selasa (18/7) pagi. Penyerahan bantuan truk sampah ini merupakan bantuan hibah yang di berikan Pemkab Gianyar kepada banjar maupun desa yang membutuhkan bantuan operasional dalam penanggulangan sampah supaya bisa menjadi pengelola sampah mandiri.

Bupati Mahayastra menyampaikan, bantuan ini merupakan perhatian serius kepada masyarakat, karena sampah merupakan masalah bersama. Setiap rumah tangga penghasil sampah harus memikirkan juga cara penanggulangan dengan setidaknya memilah sampah dari awal, mana sampah yang bisa di daur ulang dan juga sampah organik, supaya tidak tercampur dan nantinya residunya saja yang akan di bawa ke TPA supaya tidak membludak.

“Yang perlu diperhatikan kedepan yaitu tentang perawatan dan pemeliharaan truk akan menjadi tanggung jawab dari banjar dan desa pengguna, maka dari itu perlu adanya kontribusi dari masyarakat setiap bulannya,” terang orang nomor satu di Gianyar tersebut. 

Lebih lanjut Bupati Mahayastra mengungkapkan, potensi untuk pendapatan pungutan sampah bisa dimaksimalkan dari restoran, hotel, maupun warung. Nantinya pendapatan tersebut dikelola untuk menjadi modal oprasional sehingga akan berjalan dengan baik dan optimal. 

“Keunggulan yang akan di dapat dengan adanya truk sampah dikelola masing-masing banjar atau desa, dimana desa menjadi desa mandiri dalam penanggulan sampah dan juga desa kita menjadi bersih,“ tutur Bupati Mahayastra.

“Jumlah keseluruhan armada truk sampah yang sudah di berikan menyebar di Kabupaten Gianyar lebih dari 50 unit,” tambahnya.

Semoga dengan bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dengan maksimal, untuk menjadikan Kabupaten Gianyar bebas sampah tanpa mengotori desa lain. 

Kelihan Banjar Padang Tegal Tengah, Dewa Made Kardiasa menyampaikan, pihaknya selaku perwakilan masyarakat Banjar Padang Tegal Tengah mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Sebelumnya truk pengangkutan sampah di banjar menggunakan truk engkel, dengan kapasitas yang belum cukup memadai. Namun atas bantuan yang diberikan sekarang akan memaksimalkan pengambilan sampah di masing-masing rumah dan juga memaksimalkan kontribusi dari hotel dan restoran.

Sejalan dengan itu Bendesa Desa Pejeng Kawan, Anak Agung Gede Ngurah, mengungkapkan dengan pemberian truk ini juga menandakan Bapak Bupati sangat konsen terhadap masalah yang dihadapi masyarakat. "Kami selaku perwakilan masyarakat juga akan menjaga dan memelihara truk dengan maksimal karena ini merupakan titipan amanah dari Bapak Bupati untuk masyarakat," ucapnya. rls/gus/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER