SMK Pariwisata Yapparindo Berangkatkan Siswa ke Luar Negeri

  • 31 Maret 2023
  • 17:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1780 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Klungkung, suaradewata.com - Guna meningkatkan kompetensi dan mencetak lulusan yang unggul dan siap kerja, SMK Pariwisata Yapparindo mengeluarkan program magang kerja siswa ke luar negeri. Program perdana digulirkan di tahun 2023 dan dilangsungkan secara berkelanjutan.

Periode pertama, Yapparindo memberangkatkan sebanyak 20 siswa dibagi menjadi tiga gelombang. Untuk gelombang pertama siswa magang kerja akan ditempatkan di Springs Hotel dan restoran, sebuah hotel bintang lima yang berada di kawasan strategis Kuala Lumpur Malaysia.

Mereka akan ditugaskan pada bagian Food and Beverage Product, Food and Beverage Service, Kitchen, Restaurant, dan Housekeeping. “Kami berusaha mencetak lulusan siap kerja tanpa harus melanjutkan proses kuliah lagi,’’ terang I Wayan Dharmayasa, Kepala Sekolah SMK Pariwisata Yapparindo, Jumat (31/3/2023).

Siswa diagendakan menjalani training selama enam bulan, dimana selama proses training akan mendapatkan uang saku dari pihak hotel. Usai menjalani proses training, siswa berhak mengantongi dua sertifikat bergengsi yakni sertifikat dari AHA  ( American hospitality academy ) dan WSA ( World Skills Academy ) yang mana kedua academy ini sudah bertaraf internasional dan diakui diseluruh dunia. Kedua bekal sertifikat ini serta tambahan sertifikat dari hotel tempat mereka training, dapat dijadikan bukti atau lampiran ketika hendak melamar kerja di kapal pesiar maupun ketika bekerja di darat nantinya. "Tujuan kita juga agar siswa bisa punya dua sertifikat internasional itu. Dengan sertifikat itu, kedepan siswa bisa mengembangkan karir jika setelah berusia diatas 19 tahun hendak berkarir  ke luar negeri. Bisa di kapal pesiar atau darat," beber Dharmayasa.

Dari total 20 siswa tersebut, 18 siswa diantaranya berasal dari keluarga kurang mampu. Sehingga pihak sekolah bekerjasama dengan pihak perbankan, berusaha memfasilitasi keberangkatan dari para siswa dari keluarga kurang mampu tersebut untuk magang ke luar negeri.

Lebih lanjut Dharmayasa mengungkapkan program magang kerja yang diluncurkan Yapparindo berlaku bagi seluruh siswa yang sudah lolos dalam ujian kompetensi yang digelar pihak sekolah. Selain itu pihak partnership dan sejumlah agen pemberangkatan juga ikut terlibat dalam proses interview siswa yang layak untuk diberangkatkan.

Tidak hanya itu, sebanyak 70 alumni SMK Pariwisata Yapparindo sudah berhasil diberangkatkan ke sejumlah kapal pesiar ternama. “Kami juga telah bekerja dengan pihak BPR untuk diberikan kemudahan dalam peminjaman modal untuk keberangkatan ke kapal pesiar tanpa menggunakan agunan,” tutupnya.ars/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER