Tahun 2021, Hanya 5 Ruas Jalan Rusak di Tabanan yang Dapat Perbaikan dari DAK

  • 20 Januari 2021
  • 16:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1977 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Di tahun 2021, hanya ada 5 ruas jalan di Kabupaten Tabanan yang mendapat perbaikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan Pemkab Tabanan  belum bisa mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan di tahun 2021 ini.

 

Pemkab Tabanan hanya bisa menganggarkan untuk pemeliharaan jalan di tahun 2021. Dimana dari usulan Rp 14 Miliar untuk pemeliharaan jalan, hanya Rp 2 Miliar yang bisa terealisasi di tahun 2021. Sedangkan total jalan yang belum mendapat perbaikan hingga akhir tahun 2020 adalah sepanjang 172,88 kilometer. 

 

Adapun lima ruas jalan yang mendapat perbaikan dalam bentuk hotmix adalah, Jalan komplek Batu Sangiang di Kecamatan Tabanan sepanjang 2,6 kilometer, ruas jalan Pemanis-Kuta Bali, Kecamatan Penebel sepanjang 5 kilometer. 

 

Ruas jalan Rejasa-Pesagi Kecamatan Penebel, sepanjang 2 kilometer, ruas jalan Pekarangan-Titigalar Kecamatan Baturiti sepanjang 2,1 kilometer dan ruas jalan Bantas-Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur. 

 

Hal itu pun dibenarkan oleh Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Gede Made Partana. Dirinya mengatakan bahwa di tahun 2021, Tabanan mendapatkan dana DAK untuk perbaikan 5 ruas jalan. 

 

Ditambahkannya jika sejatinya Tabanan juga mendapatkan bantuan perbaikan jalan dari BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Provinsi Bali, hanya saja SK belum diterima. "Untuk gambara uas jalan dari BKK Provinsi Bali sudah ada, setelah SK keluar akan diinformasikan," ungkapnya.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk bantuan DAK tersebut saat ini masih dalam proses lelang. Kondisi jalan yang mendapatkan perbaikan di 5 ruas tersebut kondisinya rusak berat. "Dari data akhir tahun 2020, total jalan yang belum diperbaiki sepanjang 172,88 kilometer. Sementara jalan dalam kondisi baik sepanjang 684,230 kilometer, kondisi sedang 6.100 kilometer dan total yg sudah dihotmix sepanjang 690,330," paparnya.

 

Ia pun mengakui jika anggaran perbaikan jalan dari APBD Tabanan tidak alokasikan. Namun dialokasikan untuk anggaran pemeliharaan sejumlah Rp 2 miliar. "Anggaran ini diperuntukkan kalau jalan dalam kondisi baik tetapi terdapat lubang. Kalau ada lubang, lubang itu yang kita perbaiki dengan penambalan," pungkasnya.ayu/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER