Upaya Layanan Cepat Masyarakat dari PSC 119 Karangasem hingga Comand Center 112 Surabaya

  • 15 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2773 Pengunjung
istimewa

Dari kunjungan Humas Protokol Pemkab Karangasem dan Awak Media ke Pemkot Surabaya

Karangasem, suaradewata.com- Pemkab Karangasem dalam hal ini Humas Protokol Setda Karangasem akan mencoba menerapkan pola penguatan kapasitas media dalam penyebarluasan pembangunan seperti yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Hal tersebut diungkapkan Asisten III Setda Kabupaten Karangasem, I Wayan Purna, kepada wartawan Minggu (14/10) kemarin. Dijelaskannya, peran media khususnya wartawan sangat penting di Surabaya, dimana berbagai kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya bisa terekpose dengan baik oleh seluruh media yang ada di Surabaya.

Satu hal yang menarik menurutnya adalah kebersihan kota Surabaya yang terjaga dan tertangani dengan baik, dan disana ada peran media yang mampu membangkitkan semangat masyarakat Kota Surabaya utamanya di masing-masing RT-RW untuk berubah kepola hidup bersih dan sehat hingga baik secara mandiri maupun binan Pemkot Surabaya untuk menjadikan kampung mereka menjadi kampung asri. Selain itu untuk memberikan respon cepat terhadap masyarakat terkait permasalahan yang terjadi, Pemkot Surabaya selain melalui media radio, juga membuka Hotline 112, yang akan direspon langsung oleh Dinas terkait.

“Semisal jika terjadi kebakaran, masyarakat bisa langsung menghubungi layanan darurat atau Comand  Center 112 dan Pemadam Kebakaran harus sudah berada dilokasi kejadian dalam 7 menit. Jika tidak maka Dinas bersangkutan harus membuat laporan terkait hal itu,” ucapnya. Namun demikian Pemkab Karangasem juga tengah merintis hal itu, dimana untuk layanan kegawat daruratan saat ini Karangasem sudah memiliki Public Safety Center (PSC) 119. Artinya tinggal melakukan penyempurnaan sehingga dengan satu dial telepon bebas pulsa semua layanan dari seluruh dinas bisa diberikan dengan cepat kepada masyarakat.

Sementara terkait dengan peningkatan kapasitas dan peran media, Pemkot Surabaya membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Media, dimana di Surabaya sendiri ada beberapa Pokja Media yang terdiri dari berbagai unsur media baik cetak maupun elektronik termasuk media online. “Kita juga tertarik denggan Pokja Media, dan kita akan upayakaan untuk membentuknya di Karangasem,” lontarnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Dedik Irianto, saat menerima rombongan Humas Pemkab dan awak Media Kabupaten Karangasem, menyebutkan, jika selama ini perusahaan media dan awak media yang bertugas di Pemkot Surabaya bersinergi dengan baik dengan pemerintah. “Kami juga secara rutin menggelar Media Gathering dengan mengundang seluruh awak media serta seluruh Kepala OPD. Disana kami bisa saling sharing dan membahas berbagai isu yang berkembang di Surabaya,” ucap Dedik Iriannto, sembari menyebutkan jika ,di Surabaya sendiri tercatat ada sebanyak 70 lebih wartawan dari berbagai media, dan yang terbanyak adalah Media Online. Selain pula ada bebrbagai program lainnya yang dilaksanakan oleh wartawan dimasing-masing Pokja. rls/nov/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER