Hujan dan Angin Kencang, Pohon Bertumbangan

  • 20 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3253 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com – Bencana alam kembali terjadi menyusul tingginya curah hujan di Bali khususnya wilayah Gianyar. Hujan deras disertai angin kencang selama dua hari berturut-turut, Selasa-Rabu (20/12) menyebabkan pohon bertumbangan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang.

Kejadian pertama, pohon tumbang pada Selasa sore (19/12) pukul 17.30 Wita, terjadi di wilayah Banjar Margabingung, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Pohon jenis Blayur dengan tinggi 7 meter dan lebar 40 cm itu menimpa sebuah tembok rumah dan palinggih milik Ni Wayan Mung. Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian material mencapai Rp 9 juta.

Tak berselang beberapa lama, sebuah pohon perindang setinggi kurang lebih 5 meter dengan diameter kurang lebih 35 centimeter juga tumbang pukul 19.00 Wita, di Jalan Ken Umang atau sebelah barat GOR Kebo Iwa, Gianyar. Pohon perindang itu menutup badan jalan. Beruntung tak ada pengendara yang sedang lewat atau masyarakat yang tertimpa. Dengan sigap, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, langsung membersihkan puing-puing pohon tersebut.

Sementara itu, Rabu pagi (20/12) pukul 07.30 Wita, pohon tumbang juga terjadi di Jalan By Pass IB Mantra, tepatnya 200 meter ke barat dari simpang Purnama. Kondisi Pohon tumbang menutupi jalur sebelah selatan sehingga memacetkan arus yang mengarah ke Denpasar.

Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP Gede Eka Putra Astawa, menyatakan telah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar untuk menanggulangi pohon tumbang ini. “Langkah yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Gianyar adalah melakukan pengaturan dan pengalihan lajur ke bahu jalan agar arus tetap berjalan,” ujar AKP Eka Astawa, Rabu (20/12).

Pihak kepolisian pun mengimbau kepada masyarakat terutama pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Terutama saat musim hujan. Apabila hujan begitu deras disertai hujan angin, lebih baik menepi ketimbang diterjang angin kencang.

Sementara itu, Kepala BPBD Gianyar, Anak Agung Oka Digjaya, menyatakan petugasnya sigap dalam mengantisipasi adanya bencana. “Petugas langsung disiagakan, menurunkan armada dan petugas melakukan pemangkasan,” ujarnya. Ranting dan batang yang berserakan di jalanan pun dibersihkan demi kelancaran arus lalu lintas.gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER