Setelah Bus Sekolah, Siswa Akan Juga Dapatkan Angkutan Gratis

  • 27 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3126 Pengunjung
suara dewata

Gianyar, suaradewata.com – Setelah mengoperasikan 7 bus sekolah mulai tahun 2016, Pemkab Gianyar mulai tahun 2018 merancang angkutan desa dan kota gratis bagi siswa yang berangkat dan pulang sekolah. Sebanyak 150 angkutan kota (angkot) dan angkutan desa (angdes) yang ada di kabupaten Gianyar akan diberdayakan untuk melayani siswa yang ada di Gianyar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar, Wayan Artana, program ini selain untuk melayani siswa secara gratis sekalian juga untuk menggeliatkan angkot yang mulai meredup. “Nantinya angkutan yang ada kami permak baru, tapi sebelum dipakai lihat kelayakan angkutan tersebut” ujar Artana, Senin (27/11).

Artana pun menyebutkan, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp. 3,9 miliar dari APBD TA 2018 untuk membiayai angkutan siswa gratis. Perencanaan dimulai Januari 2018 hingga proses tender sekitar bulan April 2018. “Pemenang tender adalah yang bisa menawarkan biaya termurah, seperti di Tabanan yang dimenangkan Damri untuk angkutan siswa gratis,” bebernya.

Jika dirinci per angkot nantinya dibiayai sekitar Rp. 150 ribu per hari. Selama beroperasi, angkutan yang sudah dipasangi stiker ini juga tidak terus menerus mengangkut siswa saja. “Ketika di luar jam sekolah, angkutan ini bebas bisa mengangkut masyarakat umum, pedagang yang akan ke pasar dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai tujuh bus sekolah yang sudah dimiliki Gianyar tetap beroperasi. “Ada 7 bus sekolah yang kami sediakan satu unit per kecamatan, ini nantinya dibantu oleh angkutan ini. Jadi jangkauannya lebih luas, karena bisa msuk ke jalan-jalan kecil” ungkapnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER