Dukung Ketahanan Pangan, Demplot Padi Galur Dibuat Ditiap Koramil

  • 17 Juni 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3603 Pengunjung
suaradewata.com

Banglisuaradewata.com – Berbagai upaya turut dilakukan jajaran Kodim 1626/ Bangli untuk mensuksesaan dan mendukung program ketahanan pangan nasional. Selain melakukan pendampingan, jajaran TNI juga akan menyiapkan lahan di setiap Koramil yang ada di Kabupaten Bangli untuk percontohan (Demplot) untuk penanaman padi jenis Galur. 

Bahkan pelaksaanan demplot tersebut, telah mulai dilakukan di Subak Teba Banjar Sala, Abuan , Susut Bangli, Jumat (16/06/2017). Dilahan seluas satu hektar lebih itu, tampak Dandim 1626/ Bangli Letkol.Inf. Susanto Lastua Manurung, langsung turun memimpin pasukannya untuk terlibat langsung menanam padi jenis Galur bersama para petani setempat. Hadir pula saat itu, Danramil Susut, Kasdim 1626 bersama puluhan anggota Kodim dan anggota subak sebanyak 55 orang.

Pada saat itu, Dandin 1626 Bangli, Letkol. Inf. Susanto Lastua Manurung mengungkapkan pembuatan demplot tersebut dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah untuk ketahanan pangan. “Sebagai bentuk dukungan kita terhadap ketahanan pangan, dimasing-masing Koramil kita siapkan lahan satu hektar untuk percontohan tanaman padi jenis galur,” tegasnya.

Secara teknis pelaksanaan, kata dia, lahan itu akan di kelola masing-masing kelompok tani. Tetapi pengelolaan, pembinaan dan pendampingannya dilakukan oleh anggota TNI. “Pendampingan kita lakukan mulai pengolahan tanah, proses tanam hingga penanganan pasca panen,” tegasnya. Diharapkan dengan pola tersebut, produksi padi di Bangli menjadi meningkat sehingga nantinya berimbas pada peningkatan kesejahteraan para petani. Terlebih, pemilihan jenis padi yang ditanam, merupakan salah satu varietas unggulan. ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER