Kadis Kesehatan Dimutasi Jadi Dokter Puskesmas, Kadis Pendidikan Jadi Guru Penjaskes

  • 31 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 7997 Pengunjung
suaradewata.com
Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri Selasa (31/1/2017) kembali mengulirkan kebijakan mutasi terhadap 50 orang pejabat dilingkungan Pemkab Karangasem. Dari 50 orang pejabat yang dimutasi, 19 diantaranya merupakan Lejabat Eselon II, 17 Pejabat Eselon III dan 11 Pejabat Eselon IV.
 
Ada hal yang mengejutkan dari kebijakan mutasi Bupati Mas Sumatri itu, yakni adanya dua pejabat Struktural Eselon II setingkat Kepala Dinas yang dimutasi menjadi pegawai fungsional biasa. Dua pejabat tersebut masing-masing, dr. IGM Tirtayana, Kadis Kesehatan Karangasem dimutasi ke fungsional menjadi dokter biasa di Puskesmas Kubu 1, dan Gede Ariasa, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda  dan Olahraga (Disdikpora) yang ditendang  menjadi pegawai fungsional. Lebih menyedihkan lagi Kadisdikpora itu dimutasi menjadi guru Penjaskes di SMP Negeri 2 Abang.
 
Terkait mutasi yang oleh sejumlah pihak dinilai sangat ekstrim dan kontroversial ini, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, kepada  wartawan usai melantik pejabat yang terkena mutasi itu menjelaskan berbagai pertimbangan hingga dua pejabat struktural tersebut diturunkan ke pegawai fungsional. Diantaranya itu sudah merupakan hasil Panitia Seleksi, dan alasan lainnya yakni karena jumlah pejabat Eselon II cukup banyak sehingga ada yang terpaksa dimutasi ke fungsional.
 
“Pejabat Eselon II cukup banyak, sehingga ada yang harus dipindah ke fungsional. Yang kita butuhkan cuman 10 tetapi jumlah pejabatnya ada 12 orang, jadi dua orang dikembalikan ke fungsional,” kilahnya. Selain itu kata Mas Sumatri, kedua pejabat dimaksud sudah cukup lama menduduki jabatan tersebut, “Jadi kalau terlalu lama disana kan repot juga?” celetuknya.
 
Yang pasti kata Mas Sumatri mutasi yang dilakukan pihaknya ini untuk penyegaran sejalan dengan visi dan misinya meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan di Karangasem. Dalam mutasi ini sejumlah pejabat yang menduduki jabatan penting juga terkena mutasi, diantaranya Kepala Bappeda yang sebelumnya dijabat oleh I Ketut Sedana Merta kini diserahkan kepada Made Sujana Erawan, sementara Sedana Merta sendiri digeser untuk menduduki jabatan baru sebagai Kadis PU menggantikan I Nyoman Sutirtayasa yang digeser menduduki jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. nov/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER