Gubernur Pastikan Presiden Jokowi Buka PKB

  • 08 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1243 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Selama 10 tahun terakhir, tahun 2004-2014, Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) selalu hadir dan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB). Rupanya, tradisi ini akan dipertahankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Sebab, Gubernur Bali Made Mangku Pastika memastikan bahwa Presiden Jokowi akan menghadiri dan membuka secara resmi Pesta Kesenian Bali (PKB) 2015. "Dipastikan hadir (pada pembukaan), termasuk pawai," kata Gubernur Mangku Pastika, di Denpasar, Senin (8/6).

Dijelaskan, pembukaan PKB digelar di Gedung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar, 13 Juni 2015, dan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, pada Pukul 20.00 Wita. Presiden juga akan menyaksikan pementasan oratorium berjudul Ayodya Kretanegara, yang dibawakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Sebelum membuka PKB, siang harinya Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri pawai PKB yang dipusatkan di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar. Terkait kehadiran para Menteri Kabinet Kerja yang akan mendampingi Presiden Jokowi, Gubernur Mangku Pastika belum mengetahuinya.

"Saya belum tahu kalau menterinya, tetapi presiden hadir," jelas mantan Kapolda Bali ini, saat ditemui usai menghadiri sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Bali.

Rute pawai pembukaan PKB ke-37 yang akan dilaksanakan pada 13 Juni 2015, berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab kali ini, pawai akan dimulai dari depan Kantor Gubernur Bali.

Gubernur Bali sengaja meminta perubahan rute pawai, untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar dapat leluasa menonton acara tersebut. Pada pembukaan PKB tahun sebelumnya, peserta pawai yang merupakan seniman dari kabupaten/kota, ISI Denpasar, partisipan luar provinsi dan luar negeri, biasanya memulai berpawai dari sisi parkir timur Lapangan Puputan Margarana, Denpasar.

Pawai berakhir di perempatan Gedung Bank Pembangunan Daerah Bali. Dengan kata lain, peserta pawai hanya berjalan di sisi selatan lapangan.

Tetapi untuk tahun ini, pawai akan dimulai dari depan Kantor Gubernur Bali (sebelah utara Lapangan Puputan Margarana), lalu peserta berjalan ke arah barat lapangan, baru berakhir ke sisi selatan yang terletak panggung kehormatan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER