Gubernur Lantik Kepala BNN Bali

  • 30 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2197 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika, mengambil sumpah dan melantik Kombes Pol. Drs. I Putu Gede Suastawa, S.H., sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Jumat (29/5).


Dalam sambutannya pada kesempatan tersebut, Gubernur Pastika mengingatkan kompleksnya persoalan yang dihadapi dalam upaya memerangi bahaya narkoba. Karena itu, rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba harus mendapatkan perhatian serius.

Mantan Kapolda Bali itu mengingatkan, tanggung jawab untuk merehabilitasi  2.083 pecandu narkoba di tahun 2015, bukanlah suatu yang mudah. Bahkan, ia menilai, target tersebut perlu dievaluasi karena dinilai kurang realistis.

"Rehabilitasi itu tak semudah mengucap, persoalannya tak sederhana. Mereka yang badannya sudah keropos, seperti hatinya sudah rusak, itu harus diobati dulu,” ujarnya.

Menurut dia, proses rehabilitasi membutuhkan ketersediaan tempat rehabilitasi, tenaga medis dan dukungan biaya. Bahkan jika dikalkulasi, biaya yang dibutuhkan untuk rehabilitasi satu orang pecandu mencapai Rp10 juta, tiap bulan.

Selain itu, keberadaan psikolog dan pemuka agama, juga sangat berperan dalam proses rehabilitasi. Persoalan ini menjadi tantangan bagi pejabat yang baru, agar proses rehabilitasi dapat afektif dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Pastika juga menitipkan pesan kepada pejabat BNN yang hadir, agar menyampaikan kondisi tersebut ke pusat. "Pusat juga harus tahu kondisi ini," pungkasnya. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER