75 Paskibraka Gianyar Di Gembleng

  • 02 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2593 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Sebanyak 75 orang Calon Paskibraka Gianyar terpilih dari 260 siswa/siswi yang mengikuti seleksi Paskibraka Gianyar tahun 2014. Selanjutnya 75 calon Paskibraka yang telah lolos kegiatan fisik, mengikuti pelatihan dan pengasuhan Paskibraka dari 1-17 Agustus 2014. Hal ini terungkap pada acara Pembukaan Pelatihan Paskibraka Kabupaten Gianyar serangkian Hut ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Sabtu (2/8).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Sumaba, selaku panitia dalam laporannya menyebutkan, seleksi calon Paskibraka dibagi atas tiga tahapan, yakni penjaringan ke sekolah-sekolah oleh tim. Seleksi Tahap II, lomba keterampilan baris-berbaris yang diikuti oleh 31 tim SMA/SMK terdiri atas 775 siswa, dan selanjutnya lolos seleksi sebanyak 260 orang.  Dari 260 orang dijaran dalam seleksi tahap tiga, berupa seleksi kompetensi meliputi Tes Sampta (lari 12 menit, Sit Up, Pus Up, Back Up dan Sutel Run), Tes Pengetahuan Umum dan Wasan Kebangsaan, Tes Interview dan Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Seni dan Bakat, Tes Dedikasi dan Tes Pantuhir. Dari hasil seleksi Tahap III ini terpilih 75 orang, terdiri dari 39 Putri dan 36 Putra sebagai calon Paskibraka Gianyar.

Ida Bagus Sumaba menambahkan, dalam kegiatan pelatihan dan pengasuhan paskibraka diisi dengan kegiatan, pelatihan Paskibraka di Lapangan Astina, Pengasuhan dengan Metode Desa Bahagia di Hotel Gianyar, pembekalan materi dimalam hari terkait waswasan kebangsaan dan implementasi nilai-nilai Pancasila, NKRI dan Bela Negara, Perang Modern dan Deteksi isu-isu nasional, Peran Polri dan masyarakat dalam menjaga stabilitas nasional, bahaya laten narkotika bagi Generasi Muda, Bahaya HIV dan AIDS bagi remaja, revitalisasi nilai agama dalam masyarakat, nilai kepemimpinan dalam perspektif seni, sastra dan budaya, pemerintahan dan pembangunan daerah, peran pemuda dalam pembangunan dan sejarah bendera merah putih. 

Disamping itu calon Paskibraka juga dilibatkan dalam kegiatan sosial dan kunjungan sosial ke Panti Asuhanm dana penggalian seni dan bakat. Tim Seleksi merupakan gabungan dari Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, TNI dan Polri serta Purna Paskibraka Gianyar dan Dinas Kesehatan.

Asisten I Setda Kabupaten Gianyar saat membuka acara menyampaikan kesempatan menjadi anggota Paskibraka patut disyukuri karena m emperoleh peluang mengemban tugas mulia. Selain pelatihan disiplin, baris-berbaris juga mendapatkan kesempatan untuk memperluasan wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dapat dipergunakan untuk kehidupan selanjutnya dan lingkungannya. one


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER