Pasar Sukawati Di Revitalisasi

  • 02 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3312 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com – Pasar Sukawati akan segera di revitalisasi Pemkab Gianyar, pasar sebelah barat sebagai pasar seni akan direvitalisasi  bagian pertama. Selain itu akan dibuatkan underpass sebagai penghubung pasar barat dan timur untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi selama ini.

Revitalisasi Pasar Sukawati ini diungkapkan oleh anggota Komisi II DPRD Gianyar, Ketut Sudarsana, SE., Senin siang (1/2) sesaat setelah menemui Bupati Gianyar untuk menyampaikan kesepakatan dari Pesamuhan pedagang dan masyarakat Sukawati. Menggunakan anggaran tahun 2016 sebesar Rp. 60 miliar, dipastikan tahun ini Pasar Sukawati bagian barat yang merupakan pasar seni akan mulai direvitalisasi, namun grand desainnya belum jadi sepenuhnya karena ada beberapa hal yang masih perlu dikaji. “Masterplan untuk Pasar Sukawati belum jadi, tetapi Pasar Sukawati akan dikelola langsung oleh Pemkab Gianyar. Tahap awal pasar seni akan direvitalisasi termasuk jalur penghubung pasar seni bagian barat dan pasar umum bagian timur di bawah tanah sebagai tempat orang menyeberang” ungkap politisi PDIP ini.

Diterangkannya, pada awalnya masyarakat dan pedagang di Pasar Sukawati tidak menangkap ide Pemkab Gianyar untuk merevitalisasi pasar, mereka mengira akan dipindahkan lokasi berjualannya. Namun setelah adanya pertemuan antara anggota DPRD Gianyar dengan pedagang dan masyarakat pada hari Sabtu (30/1) lalu, telah dijelaskan apa maksud dari revitalisasi tersebut. “Memang pada saat revitalisasi pedagang akan direlokasi ke Lapangan Sutasoma Sukawati tetapi bersifat sementara sambil menunggu pembangunan selesai” terang wakil rakyat asal Samu, Sukawati.

Ide pembangunan pasar Sukawati adalah untuk memberikan kenyamanan pengunjung pasar dan mendongkrak perekonomian masyarakat ditengah persaingan dengan pusat oleh-oleh yang marak saat ini. “Nantinya pedagang pasar yang berjumlah 850 orang tetap tertampung, selain itu parkir dan stage untuk pentas seni akan dibangun dan disesuaikan agar pengunjung pasar lebih nyaman” jelas Sudarsana.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER