Hindari Penyalahgunaan, KPU Buleleng Musnahkan Ratusan Surat Suara Rusak

  • 13 Februari 2024
  • 20:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2402 Pengunjung
Ketua KPU Bueleng bersama jajaran dan pihak terkait tengah melakukan perispan pemusnaah surat suara rusak di Gudang logistic pada Selasa, (13/2/2024). SD/sad/ist

Buleleng, suaradewata.comGuna menghindari penyalahgunaan pada saat pencoblosan, KPU Buleleng disaksikan Bawaslu, Forkompimda Kabupaten Buleleng melakukan pemusnahan terhadap 610 surat suara yang rusak di Gudang logistic pada Selasa, (13/2/2024).

Adapun rincian Surat Suara yang dimusnahkan sebanyak 610 lembar itu, diantaranya Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 241 lembar, Surat Suara DPR RI sebanyak 34 lembar, Surat Suara DPD RI Sebanyak 14 lembar dan Surat suara DPRD Provinsi Bali Dapil Buleleng sebanyak 203 lembar. Sedangkan untuk Surat Suara DPRD Kabupaten Buleleng yang rusak, meliputi  Dapil Buleleng 1 sebanyak 63 lembar, Dapil Buleleng 2 sebanyak 16 lembar, Dapil Buleleng 3 sebanyak 3 lembar, Dapil Buleleng 4 sebanyak 39 lembar, Dapil Buleleng 5 sebanyak  23 lembar, Dapil Buleleng 6 sebanyak 77 lembar, Dapil Buleleng 7 sebanyak 33 lembar, Dapil Buleleng 8 sebanyak  11 lembar dan Dapil Buleleng 9 sebanyak 13 lembar.

"Dilakukannya pemusnahan Surat Suara yang Rusak ini, untuk menghindari penyalahgunaan pada pencoblosan nanti" ucap Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana saat usai pemusnahan surat suara. 

Lebih lanjut dijelaskan kerusakan surat suara didominasi oleh robekan berlobang, tinta kabur, dan gambar pasangan calon yang tidak sempurna. 

“Kerusakan surat suara ini akibat kesalahan percetakan dan ada juga yang terjadi saat pengiriman. Terhadap hal ini, pihaknya di KPU Buleleng telah menyiapkan Surat Suara Cadangan sebanyak 2 persen dari total surat suara yang dicetak.” papar Dudhi Udiyana

Iapun memastikan jika kesiapan pada hari pencoblosan sudah 100 persen. Pengiriman logistik terakhir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 9 Kecamatan se Kabupaten Buleleng sudah rampung dilaksanakan. 

“Seluruh logistik, termasuk surat suara, kotak suara, dan alat kelengkapan lainnya, telah didistribusikan di 2.275 TPS yang ada di 169 desa/kelurahan yang ada di Buleleng. Dan kami juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga keamanan TPS" tandasnya. Sad/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER