Pembukaan Perdana Pasar Sapi di Beringkit

  • 09 Oktober 2022
  • 18:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1498 Pengunjung
Sapi Masuk Pasar Beringkit Disemprot Disinfektan. foto : istimewa 

Badung, suaradewata.com - Pembukaan perdana pasar sapi di Pasar Beringkit pada Minggu, (09/10/2020), ketat dengan pemeriksaan. Terbukti setiap sapi yang masuk ke Pasar hewan Beringkit diperiksa satu persatu dengan melakukan spraying disinfektan dan pemeriksaan surat-surat.

Direktur Utama Perumda Pasar Mangu Giri Sedana Made Sukantra mengungkapkan, pembukaan pasar sapi pada hari ini Minggu, (09/10/2022), pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat penjual sapi khususnya. Bahwa sapi yang masuk ke Pasar Beringkit harus sesuai SOP yang berlaku. Pertama, sapi didalam mobil diperiksa secara kasat mata kemudian langsung disemprot dengan disinfektan bersama dengan mobilnya. Kedua, wajib membawa surat keterangan asal sapi, memperlihatkan surat keterangan kesehatan hewan dan surat keterangan vaksin.

"Hari ini sangat terbatas yang hadir karena ketentuan ketentuan yang memang ditentukan itu masih menjadi kebingungan dari pada petani," ungkap Made Sukantra.

Ia menjelaskan, hari perdana pembukaan pasar sapi ini hanya ada 87 ekor sapi yang masuk ke Pasar Beringkit dan dalam posisi semua sehat. Dalam artian, dari dinas peternakan sudah mempunyai aplikasi untuk mengecek bahwa sapi itu sudah divaksin apa tidak. Sehingga dengan hanya memperlihatkan NIK pemilik sapi saja sudah bisa dibuka bahwa sapi tersebut sudah divaksin atau tidak.

"Kedepan tetap dipertegas dan pelaksanaannya kita ikuti sesuai dengan ketentuan yang harus kita lakukan dalam rangka kita untuk mengantisipasi terjadinya resiko resiko yang tidak kita inginkan," jelasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER