Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Karangasem, I Wayan Artha Dipa Membuka Kegiatan Sosialisasi APKASI

  • 22 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1574 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa membuka Audiensi dan sosialisasi program unggulan APKASI bidang peningkatan kapasitas mutu pendidikan, imam dan taqwa serta literasi

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Kamis (22/8) di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. 

Staf ahli APKASI bidang pendidikan Hj. Himmatul Hasanah, memberikan sambutan sekaligus laporannya,peserta yang mengikuti sosialisasi adalah dari Apkasi dan dari Pemerintah Kabupaten diantaranya Bupati diwakili Wakil Bupati Karangasem, Kepala Dinas Pendidikan dan Kabid GTK, kepala BKD dan sekretaris, Kepala BagianHumas dan protokol serta sekretaris. 

Program unggulan APKASI yang dibahas adalah "matematika dan smart teaching Indonesia". Apkasi ada sebanyam 416 Kabupaten. “Sekitar 5 tahun ini kita tidak pernah berhenti dalam bidang pendidikan. Fokus kita di bidang pendidikan matematika dan bahasa inggris, karena mapel ini merupakan mapel yang sangat menakutkan,” ujarnya. 

Apkasi mempunyai visi misi bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan, sebagai pekerjaan rumah bagi pemerintahan adalah bidang pendidikan. Jika pendidikan tidak pernah diberikan perhatian maka akan sulit untuk bersaing. Hj. Himattul mencontohkan, di bidang matematika, Indonesia sangat jauh dibandingkan negara lain. Dalam bahasa inggris dalam kemampuan bersosialisasi dengan  warga asing sangat kecil, terlihat kemampuan bahasa inggris warga Indonesia masih di bawah Malaysia, Vietnam dan India. 

“Dengan kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah seperti istilahnya "gemah ripah loh jinawi" seharusnya indonesia menjadi negara yang sangat berkembang,” imbuhnya. 

Negara berkembang manapun, akan mengutamakan program pendidikan. Hal ini pasti paling dihargai dan paling diperhatikan. Saat ini kualitas pendidikan Indoneaia bertengger di peringkat 164 dari 170 negara, di dunia. “Makanya bidang pendidikan di Indonesia harus di tingkatkan, contohnya negara Vietnam. Dulu negara Vietnam belajar di Indoneaia dan sekarang Vietnam berada di atas Indonesia. Semoga program ini menjadikan penyemangat untuk memajukan Indonesia kita tercinta,” lontarnya. 

Sementara itu,  Wabup Artha Dipa menyampaikan, untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Karangasem, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah menganggarkan Hampir 30 persen APBD untuk Gaji, Kesejahtraan Guru, Pembangunan serta beasiswa bagi siswa kurang mampu mulai tingkat SD, SMP, Kejar Paket A, Paket B dan Kejar Paket C. Padahal undang-undang mengamanatkan 20 persen, namun kita telah mengangarkan hampir 30 persen, tentu hal ini menunjukkan bahwa pemerintah kabupaten Karangasem memberikan perhatian serius dan sungguh-sungguh demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Karangasem. 

"Saya berharap, Sosialisasi Program Unggulan APKASI Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan , Imtaq dan Training Tata Kelola Pendidikan di luar Negeri serta literasi dapat menambah wawasan dan ilmu bagi insan pendidikan di Karangasem. Mari kita wujudkan Karangasem The Spirit Of Bali , dengan menyatukan Vlsi, satukan gerak dan langkah kita," ucap Artha Dipa.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan surat penunjukkan Apkasi dalam program peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa serta literasi kependidikan kepada Wakil Bupati Karangasem serta penukaran cindera mata oleh Apkasi dan Wakil Bupati.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER