Lemah Tak Mampu Berobat, Anggota DPRD Bali Larikan Pasien Miskin ke UGD RSUD Karangasem

  • 07 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 9332 Pengunjung
suaradewata

 Karangasem, suaradewata.com - Ni Wayan Sareng seorang petani miskin berusia 57 Tahun asal Banjar Bau Kangin, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, akhirnya dilarikan ke RSUD Karangasem, lantaran kondisinya yang sudah semakin menghkhawatirkan. Sareng sendiri menderita penyakit komplikasi setelah penyakit Liver Akut yang dideritanya sejak sekian tahun lalu.

Sebelumnya, Sareng sempat  berobat ke RSUD Karangasem beberapa tahun lalu, dan setelah pihak RSUD Karangasem memvonis yang bersangkutan menderita penyakit Liver, yang bersangkutan kemudian dirujuk ke RSUP Sanglah guna mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut. Namun sayang saat itu suami Ni Wayan Sareng tidak memiliki cukup uang untuk bekal selama istrinya menjalani perawatan di RSUP Sanglah. Sehingga dengan sangat terpaksa, suami Sareng memutuskan untuk tetap merawat istrinya itu di Karangasem.

Dan sejak beberapa hari terakhir kondisi kesehatan Sareng terus menurun dan sangat menghawatirkan, hingga kemudian kabar kondisi Sareng tersebut didengar oleh I Wayan Kari Subali,  anggota DPRD Bali yang juga Pembina Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Bali. Kari Subali berama anggotanya I Nyoman Pasek, langsung mendatangi rumah tak layak huni tempat tinggal Sareng.

“Saya sempat kaget melihat kondisi Ni Wayan Sareng ini yang sudah begitu memprihatinkan. Yang penting bagaimana yang bersangkutan itu bisa selamat, makanya langsung kita larikan ke RSUD Karangasem biar segera mendapatkan penanganan dari tim dokter,” ucap Kari Subali Rabu (7/8/2019). Melihat kondisi ekonomi Wayan Sareng yang juga sangat menyedihkan, selaku wakil rakyat pihaknya menghimbau agar penggunaan kartu JKN-KIS yang dipakai berobat oleh Wayan Sareng benar-benar bisa maksimal. Artinya seluruh obat dan biaya perawatan benar-benar ditanggung oleh pemeritah seluruhnya dalam hal ini BPJS Kesehatan.

Pihaknya mengaku akan terus mendampingi Wayan Sareng, artinya jika nantinya yang bersangkutan harus dirujuk ke RSUP Sanglah, atau kemana pihaknya mengaku siap membantu.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER