Kejuaraan Petanque, Stikes Advaita Cup II Dibuka

  • 24 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2959 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Sebanyak 13 tim dijadwalkan mengikuti turneman olahraga “Petanque Stikes Advaita Cup II 2017” bertempat di lapangan Petanque Kompleks Stadion Debes Tabanan, 24-25 Maret 2017.

Kejuaraan Petanque Stikes Advaita pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016 dan tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan yang kedua memperebutkan Piala Bergilir Rektor Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Advaita Medika Tabanan.

Ketua Panitia Edi Pratama mengatakan, ada 6 nomor yang akan dipertandingkan yaitu: Double Putra, Doubel Putri, Triple Putra, Triple Putri dan Shooting Putra dan Shooting Putri dengan total pemain sebanyak 84 atlet. Ke 13 Tim yang turun berasal dari 4 Kabupaten/kota yaitu : Tim Petanque SMAN 1 Tabanan, SMKN 1 Tabanan, SMAN 1 Kediri, SMKN 4 Denpasar, SMAN 1 Tampaksiring, SMKN 1 Tampaksiring, SMKN 1 Tegalalang, SMKN 2 Denpasar, SMKN 3 Singaraja, SMK Tri Sakti Gianyar, SMAN1 Amlapura, SMAN 3 Denpasar dan SMK Wirabakti Denpasar. “Kejuraan ini disampiang untuk mengasah prestasi olahraga Petanque juga dimaksudkan untuk membangun rasa persaudaraan dikalangan pelajar SMA/SMK se Bali, “terang Edi.

Dalam sambutannya Ketua Umum FOPI Bali Yama Dhiputra sangat mengapresiasi digelarnya kejuaraan Petanque Stikes Advaita Cup yang kedua kalinya. Stikes Advaita adalah perguruan tinggi di Bali yang pertama dan satu-satunya melaksanakan turnamen Petanque tingkat SMA/SMK se-Bali secara rutin. Atlet petanque Bali sudah mampu meraih prestasi di tingkat nasional dan melalui kompetisi ini seluruh peserta memperoleh pengalaman tanding yang lebih banyak, kata Yama.

Berikutnya Ketua Umum KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan dalam sambutannya mengapresiasi FOPI Bali yang telah menjadikan turnamen Petangque Stikes Advaita Cup sebagai agenda rutin tahunan. “Olahraga Petanque sangat menarik, bisa mengasah otak, permainan petanque membutuhkan IQ yang tinggi disamping kesabaran dan akurasi, terangnya.

Kejuaraan Petanque Stikes Advaita Cup II dibuka secara resmi oleh Kadis Pendidikan Kab. Tabanan I Wayan Adnyana ditandai dengan pelemparan bola, didampingi Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bali I Nyoman Yama Dhiputra,  Ketua Umum KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan, Sekretaris Umum KONI Tabanan I Made Miasa serta Perwakilan Pengurus FOPI Kabupaten/kota.

Sebelum membuka, Kadis Pendidikan Kab. Tabanan Wayan Adnyana mengatakan, menyambut baik diselengarakannya kejuaraan Petanque Stikes Advaita Cup II yang melibatkan anak-anak SMA/SMK se-Bali. “Saya hari ini baru pertama kali mengenal olahraga Petanque, saya datang kesini juga ingin mengenal olahraga Petanque, kata Adnyana.  

Imbuh Adnyana, Dinas Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari peran KONI Tabanan, Dinas Pendidikan selam ini terus berusaha mencari bibit-bibit atlet dari berbagai cabor guna bisa dibina lebih lanjut oleh KONI.  Terutama adik-adik peserta dari SMA/SMK se-Bali saya apresiasi sekalipun SMK/SMK sejak Januari 2017 sudah menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Bali namun dalam berbagai event penting tetap bisa dilibatkan untuk kegiatan yang ada di Kabupaten Tabanan seperti Porsenijar, Paskibraka dan sebagainya. Olahraga  tidak hanya membutuhkan pisik yang bagus tetapi olahraga juga untuk menyiapkan diri menjadi insan yang sehat terutama melatih otak kita, siswa butuh otak yang bagus. Mudah-mudahan dalam Porsenijar tahun 2017 Petanque bisa dipertandingkan sebagai olahraga eksebisi dan tahun 2018 sudah menjadi cabor resmi di Porsenijar, tandas Adnyana. Rls/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER