Puluhan Sopir Angkutan di Test Urine

  • 24 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2917 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Sejumlah sopir di terminal Galiran Klungkung, Jumat (23/12/2016) diwajibkan untuk mengikuti test urine. Kegiatan ini digelar Satlantas bersama Satnarkoba Polres Klungkung. Hal ini dilakukan mengingat untuk melancarkan dan keselamatan angkutan darat selama perataan Natal dan Tahun Baru.

Pada umumnya dalam sistem lalu lintas jalan terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas baik langsung maupun tidak, yaitu manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan.

Dari faktor – faktor tersebut faktor manusia merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Klungkung AKP I Wayan Mudiasa, SH disela – sela melaksanakan himbauan keselamatan berlalu lintas dijalan raya kepada para sopir angkutan umum yang biasa mangkal di Terminal Galiran, Klungkung. Selain memberikan himbauan tentang keselamatan berlalu lintas, Kasat Lantas Polres Klungkung menggandeng Satuan Reserse Narkoba Polres Klungkung untuk melaksanakan tes urine bagi para sopir.

Aksi tes urine yang dilakukan secara mendadak itu tampak cukup mengagetkan sejumlah sopir di Terminal Galiran Klungkung. Sebanyak 30 sopir berhasil dikumpulkan petugas. Mereka kemudian didata dan menjalani tes urine. Satu persatu sopir menyerahkan urine miliknya untuk diteliti dan diperiksa petugas. Hal itu dilakukan untuk memastikan para sopir yang mengangkut penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2017, benar-benar dalam kondisi prima serta tidak terpengaruh dengan obat-obatan terlarang, khususnya narkoba. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman bagi pengguna angkutan umum khususnya di wilayah hukum Polres Klungkung.

Atas seijin Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi,SIK, Kasat lantas Polres Klungkung mengatakan dalam pemeriksaan kali ini nihil ditemukan sopir yang urinenya mengandung metafetamin atau zat berbahaya lainnya. Pada umumnya kesehatannya juga cukup baik dalam melaksanakan profesinya. jul/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER