Longsor Tutup Akses Penghubung Tiga Desa Tertutup

  • 13 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3949 Pengunjung
suaradewata.com

Buleleng, suaradewata.com  Tebing setinggi 9 meter dengan bentangan panjang 15 meter di kawasan Dusun kawanan, Desa Sawan, Kabupaten Buleleng, mengalami longsor. Lumpur pun menutupi jalan yang menjadi akses penghubung tiga wilayah desa yakni  ke arah Desa Bebetin, Desa Menyali, dan Desa Sudaji.

“Pembersihan dilakukan oleh warga secara gotong royong hari ini berdasarkan insiatif masyarakat. Kami juga dibantu oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Buleleng. Longsor pun menyebabkan tembok rumah warga yang kebetulan seorang pemuka agama Hindu mengalami kerusakan. Kerugian diperkirakan sekitar Rp30 juta,” ujar Nyoman Wira selaku Perbekel (Kepala Desa) Sawan, Sabtu (13/2).

Menurut penuturan Wira, kejadian longsornya tanah di tebing yang menutup akses jalan tersebut berlangsung sekitar pukul 16.30 Wita, Jumat (12/2). Tebing tersebut longsor pada saat hujan yang turun sejak tiga hari berturut-turut. Selain itu, intensitas curah hujan pun cukup tinggi sebab dari pagi sampai malam hari tidak kunjung reda.

Dikonfirmasi terkait dengan kerusakan rumah milik pemuka agama yakni Sri Mpu Dharma Kerti Pande, Wira pun telah melaporkan langsung kepada BPBD yang turut berada di lokasi longsor. Akses baru bisa dilewati pengguna setelah selama sehari tertutup material longsor.adi


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER