Pengelola Ulun Danu Beratan Diminta Berinovasi

  • 04 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3633 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dalam rangka meningkatkan perkembangan Pariwisata di Tabanan khususnya di DTW Ulun Danu Beratan, Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada meminta pengelola melakukan inovasi. Hal itu diungkapkan saat rapat evaluasi dengan Pengelola DTW Ulun Danu Beratan di Ruang Rapat Bupati, Kamis (4/2).

Kata Sugiada perlu adanya evaluasi mengenai apa yang telah tercapai di Tahun yang lalu. Sehingga di Tahun 2016 ini kita bikin program jangka pendek terlebih dahulu. Contohnya pada musim hujan seperti sekarang ini, apa yang bisa kita lakukan untuk memperlancar pelayanan kepada para pengunjung.

Faktor external dan internal sangat perlu sekali dilakukan evaluasi, peningkatan kualitas pelayanan dan Promosi sangat perlu diperhatikan. Bila perlu lakukan diklat etika dan penggunaan seragam terhadap pegawai di DTW Ulun Danu Beratan, serta promosikan lebih gencar lagi DTW ulun Danu Beratan ini lewat IT. “Perhatikan hal-hal kecil yang berhubungan dengan DTW, karena hal-hal kecil akan berdampak sangat besar,” ucapnya. Selain itu Sugiada juga mengingatkan soal keamanan. “Jangan sampai ada kelengahan dalam menangani pengunjung, melihat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini,” pintanya.

Sugiada juga menekankan pihak pengelola melakukan inovasi untuk mengembangkan obyek wisata dalam menghadapi MEA yang akan datang. Jangan nantinya hanya jadi penonton, karena lahan wisata kita diambil oleh pihak asing. Karena akhir-akhir sudah banyak tersiar kabar bahwa banyak penduduk luar belajar bahasa kita dan budaya kita agar bisa menyaingi Tenaga dalam negeri kita. “Maka kita harus berinovasi, semakin besar perubahan maka semakin besar juga pro dan kontra. Jangan pernah takut untuk melakukan perubahan selama terdapat tujuan yang jelas dalam perubahan tersebut”, jelasnya.

Sementara Ketua pengelola DTW Ulun Danu Beratan I Wayan Mustika, salah satu langkah yang akan dilakuan yakni Festival Ulun Danu Beratan yang ke III di Tahun 2016 ini. “Festival ini bertujuan agar menambah minat para pengunjung lebih besar dating ke DTW Ulun Danu Beratan. Dalam festival tersebut akan diadakan banyak pertunjukan kebudayaan serta melibatkan seluruh stekholder masyarakat di sana,” jelasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER