Bupati Luncurkan Mobil Perpustakaan Keliling

  • 03 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3949 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Setelah bulan desember 2015 lalu resmi luncurkan Bus Desa Sehat dan Bus Sekolah, Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata di dampingi Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Gianyar, Hery Nurhancoko meluncurkan salah satu fasilitas pelayanan dalam pendidikan, yaitu Mobil Perpustakaan Keliling, di Halaman Kantor Bupati Gianyar, Selasa (2/2).

Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata menyampaikan apresiasinya terkait peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling. Ia berharap keberadaan Mobil Perpustakaan Keliling nantinya dapat membangkitkan minat membaca bagi masyarakat khususnya para pelajar di Kabupaten Gianyar. “Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ini sangat tepat dalam mendukung Gerakan Gianyar Membaca dan mendukung Gianyar sebagai Kabupaten Menuju Layak Anak” tegasnya. Agung Bharata menambahkan, bahwa sasaran untuk Mobil Perpustakaan Keliling difokuskan untuk pelajar dan anak-anak. Tentunya dengan mensosialisasikan budaya gemar membaca, sejak dini, bisa mengurangi kegiatan anak-anak yang sekarang banyak canduan main game.

Bupati Agung Bharata menaruh perhatian besar kepada kemajuan pendidikan di Kabupaten Gianyar. Ia berjanji akan berusaha meningkatkan fasilitas bidang pendidikan untuk mendukung program Gerakan Gianyar Membaca. “Semoga nanti kita bisa membuat 1 gedung khusus arsip dan perpustakaan yang refresentatif dan berskala nasional” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gianyar, Hery Nurhancoko menjelaskan, saat ini Pemkab Gianyar baru memiliki 3 unit Mobil Perpustakaan Keliling, 2 diantaranya merupakan bantuan dari pusat pada awal Tahun 2015 dan 1 bersumber dari dana APBD. Mobil Perpustakaan Keliling nantinya akan langsung mengunjungi seluruh Sekolah Dasar di Kabupaten Gianyar dan direncanakan mengelilingi desa sebanyak 17 kali dalam satu bulan. “Sasaran utama kami yaitu Sekolah dasar dan desa-desa di Gianyar” tegasnya. Ditambahkannya, bahwa dalam Mobil Perpustakaan Keliling juga difasilitasi layar TV yang digunakan sebagai sarana pemutaran film-film dokumenter terkait dengan Kabupaten Gianyar.

Dalam data yang dihimpun oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Gianyar, saat ini terdapat 208 SD di Kabupaten Gianyar, akan tetapi 200 SD yang sudah mempunyai perpustakaan namun tidak ada pengelolanya. Selain itu, terdapat masih 70 perpustakaan desa dan 185 di SMP dan SMA. Maka dari itu, dengan diluncurkannya Mobil Perpustakaan Keliling ini diharapkan membantu masyarakat serta para pelajar dalam menambah pengetahuan dan mendukung Gerakan Gianyar Membaca. Terkait dengan fasilitas berupa buku, Hery menambahkan, bahwa buku yang tersediapun sudah mencapai 1738 buku, dan 50% diantaranya adalah buku khusus anak-anak. “Semoga menggema dan memberikan hasil positif untuk masyarakat” tegasnya.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER