SBY: Indonesia Sejahtera Tahun 2045

  • 03 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3279 Pengunjung

Denpasarsuaradewata.com - Presiden Ke-6 Republik Indonesia Prof. Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengatakan, dalam kurun waktu satu abad Kemerdekaan Indonesia atau 30 tahun lagi, Indonesia akan menjadi negara maju, kuat dan sejahtera. Optimisme tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung.

Di antaranya, usia Indonesia yang masih relatif muda. Selain itu, potensi sumber daya alam yang besar, transformasi dalam segala bidang yang terus dilakukan dan berhasilnya Indonesia ke luar dari krisis yang terjadi. Belum lagi keberhasilan Indonesia dalam 10 tahun belakangan.

SBY menyampaikan hal tersebut, saat memberi kuliah umum bagi para akademisi, pejabat serta mahasiswa di Gedung Widyasabha Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Jalan PB Sudirman Denpasar, Selasa (2/2). SBY berpandangan, di tahun 2045 nanti Indonesia memiliki mimpi dan tujuan.

"Di antaranya terwujudnya demokrasi yang kuat, stabil dan semakin matang, terciptanya ekonomi yang kuat, adil dan berkelanjutan, serta terwujudnya peradaban yang lebih maju yang membawa Indonesia sebagai salah satu negara maju di akhir abad 21," ucapnya.

Ketiga mimpi dan tujuan mulia tersebut, demikian SBY, dapat terwujud dengan beberapa langkah nyata. Dalam mewujudkan demokrasi yang kuat misalnya, dapat ditempuh dengan upaya mendidik masyarakat bahwa demokrasi bukan hanya tentang pemilu dan kebebasan.

"Namun demokrasi juga mencangkup konstitusionalisme, adanya etika dan aturan main, penggunaan kekuasaan serta adanya aspirasi rakyat yang sesungguhnya," papar SBY.

Dalam upaya mencapai ekonomi yang kuat, adil dan berkelanjutan, lanjut SBY, perlu diambil langkah-langkah dengan memperkuat fundamental ekonomi, meningkatkan SDM, memastikan pertumbuhan yang berkesinambungan serta melakukan transformasi menuju terwujudnya ekonomi yang hijau, di mana ekonomi yang maju, tumbuh dan memperhatikan lingkungan.

"Dalam mewujudkan peradaban yang lebih maju, dapat diwujudkan dengan pendidikan, pembangunan karakter, mengembangkan IPTEK, adanya kepatuhan terhadap pranata hukum dan norma sosial serta toleransi dan harmonisasi yang semakin kuat," jelasnya.

Untuk mencapai semua hal tersebut, menurut SBY, diperlukan keberhasilan dalam transformasi, terwujudnya persatuan dan kerja keras, adanya pemimpin yang visioner, cakap dan kuat serta terwujudnya kemajuan yang seimbang.

"Jika ke depan kita makin bersatu, berpikir cerdas, kerja keras dan dipimpin oleh para pemimpin yang visioner, maka Indonesia di tahun 2045 akan menjadi negara yang kuat dan di akhir abad 21 akan jadi negara maju," pungkas SBY.san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER