Baliho dan Atribut Ormas Ditertibkan

  • 18 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2560 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Masih adanya  terpasang baliho, spanduk dan atribut ormas di jalanan meski sudah ada imbauan untuk menurunkan sendiri, membuat tim gabungan  yang dikoordinir Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Pemkab Gianyar bertindak tegas  membongkar baliho dan atribut dibeberapa titik, Senin (18/1). “Batas waktu penurunan baliho dan atribut ormas dari awal tahun hingga Minggu malam kemarin.Jadi, hari ini (Senin-red) sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali maka Tim Gabungan melakukan penyisiran untuk penertiban baliho yang masih terpasang di jalan-jalan,” jelas Kepala Badan Kesbanglinmas Pemkab Gianyar, I Ketut Artawa, saat memimpin penertiban.

Hasil penyisiran tiga kecamatan yakni Gianyar, Blahbatuh dan Sukawati ditemukan sejumlah baliho dan bendera milik ormas yang masih terpasang yakni di Desa Serongga (2 baliho, 1 bendera ormas), Tedung (1 bendera dan baliho ormas), Masceti (1 baliho), dan jl. By Ida Bagus Mantra (1 baliho). Baliho dan spanduk itu akhirnya diturunkan anggota Satpol PP. Menariknya sejumlah anggota ormas terlihat sukarela dan kesadaran  ikut membantu penurunan baliho dan bendera di Desa Serongga. Selain baliho ormas, juga ditertibkan reklame lainnya yang melanggar aturan.

Menurut Artawa, sebelumnya pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dan bersurat kepada  pimpinan ormas yang ada di Gianyar untuk menurunkan baliho dan atribut ormas lainnya.  Hal ini sesuai Surat Edaran Gubernur Bali untuk menjaga kondusifitas Bali. Namun, jika sampai batas waktu yang ditentukan belum juga diturunkan, maka tim gabungan akan melakukan pembongkaran. 

Selanjutnya, tim gabungan akan melakukan penyisiran ke daerah atas atau kecamatan lainnya untuk memastikan tidak ada lagi baliho atau atribut ormas yang masih terpasang. “Penertiban ini kami lakukan dengan cara persuasif dan saling koordinasi dengan semua pihak terutama pimpinan ormas, perbekel dan pihak terkait lainnya, sehingga penertiban berjalan aman dan lancar,” imbuh Artawa.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER