Samakan Persepsi KPU Bali Soan ke Bupati Eka

  • 18 November 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1314 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com- Guna menyamakan persepsi tentang pilkada 2015,KPU Provinsi Bali dengan menggandeng KPU Tabanan soan ke Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Ininya mereka berharap anggaran yang diajukan KPU dapat difasilitasi oleh para pimpinan kepala daerah. “Intinya kami berkoordinasi agar anggaran pilkda dapat difasilitasi,” ucap Ketua KPU Bali, Dewa Raka Sandi, Senin, (17/11).

Rombongan KPU Bali yang datang ke Tabanan dengan ful tim, alias ketua dan semua anggota komisioner KPU Bali, begitu juga KPU Tabanan lengkap mulai ketua hingga para anggota dan sekretaris KPU Tabanan. Rombongan KPU ini diterima langsung Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi asisten I, Wayan Yatnanadi da Kepala Kesbanglinmas I Wayan Sugatra.

Menurut Dewa Raka Sandi, kedatangannya bukan saja ke Tabanan namun ke lima kabupaten kota yang melakukan pilkada pada 2015 mendatang. Hal itu kata dia sejalan dengan surat KPU Pusat nomer 1667 yang intinya KPU provinsi dan kabupaten kota unuk melakukan koordinasi yang intensif terkait pelaksanaan pilkada 2015 mendatang. “Kita akan datangi semua kabupaten kota yang melakukan pilkada yang sudah kita datangi adalah Kodya Denpasar, Jembrana dan hari ini (kemarin) Tabanan, selanjutnya kita jadwalkan ke Karangasem dan Bangli,” jelasnya. Dijelaskan inti dari kedatangan para komisioner KPU itu tidak lain, untuk melakukan koordinasi dengan para pimpinan daerah menjelang pilkada 2015 mendatang. “Kita berharap anggaran yang diajukan KPU masing-masing dapat difasilitasi oleh pemda masing-masing,” harapnya. Ditanya soal pilkada yang belum jelas langsung oleh rakyat atau oleh DPRD, menurut Raka Sandi, hal itu tidak menjadi persoalan bagi KPU. Yang jelas pihaknya sebagai penyelenggara siap melaksanakan pilkada di Bali. “Kita siap saja mau pakai sistem yang mana, langkah ini kita lakukan agar nanti tidak kelabakan jika pilkada benar-benar dilaksankan,” akunya.

Sementara Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni mengatakan untuk angaran Pilkada langsung di Tabanan pihaknya menganggarkanRp. 23,5 milyar lebih. “Anggaran yang kita ajukan untuk pilkada lansung di Tabanan mencapai 23 milyar lebih untuk dua putaran, dan semua itu bersumber dari APBD Kabupaten” ucapnya. Anggaran yang diajukan KPU Tabanan tersebut terdiri dari dua tahapan. Pertama dalam induk APBD Rp 21,1 M sedangkan dalam APBD-P Rp 1,2 M. “Pengajuan anggaran ini sebagai upaya jaga-jaga. Ketika nanti pemilihan dilaksanakan, kita sebagai penyelenggara tidak kelabakan dalam memposting anggaran,” tandasnya.  Atas hal itu menurut Darayoni Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menyambut baik dan siap memposkan angaran untuk pilkad di Tabanan. “Ibu Bupati menyatakan kesiapannya membantu KPU agar pelaksanaan Pilkada di Tabanan berjalan dengan aman dan lancar,” jelas Darayoni. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER