Koperasi Didorong Go Internasional

  • 07 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3636 Pengunjung

Badungsuaradewata.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Ngurah Puspayoga, mendorong agar koperasi dapat berkiprah di kancah internasional. Hal ini dikatakan mantan wakil gubernur Bali itu disela-sela HOG Convention Asia Pasifik di The Stone Hotel Kuta, Bali, Sabtu (7/11).

"Kita arahkan koperasi go internasional,” ucapnya. Puspayoga mengaku, dirinya telah menyiapkan beberapa langkah agar koperasi dapat bersaing di dunia internasional. "Yang harus dilakukan adalah reformasi total koperasi,” tegasnya.

Menurut Puspayoga, saat ini ada 62 ribu koperasi yang tidak aktif. "Kita berani membuat koperasi, sekarang kita buatkan database. Ada 62 ribu koperasi yang tidak aktif untuk mengarah ke yang kualitas. Sisanya 147 ribu koperasi,” bebernya.

Puspayoga mengaku, semua koperasi telah dibuatkan nomor induk secara online. Tujuannya, untuk menghadapi persaingan dunia. Untuk kepentingan itu, kementerian yang dipimpinnya mendorong adanya perubahan orientasi koperasi. "Reorientasi, dari kuantitas ke kualitas. Ketiga, pengembangan. Itu yang dibutuhkan,” tandas mantan walikota Denpasar itu.

Ia kemudian menyontohkan koperasi di beberapa negara di dunia. "Di Singapura, 60 persen supermarket itu koperasi. Apakah kita harus belajar ke sana?” tanya dia. "Sementara di Jepang, koperasi pertanian memiliki posisi tawar kuat. Di sana (Jepang) bisa menurunkan Perdana Menteri saking kuatnya koperasi,” ucapnya.

Untuk menjawab tantangan zaman, lanjut Puspayoga, kerja sama koperasi dengan Harley Davidson yang digagas Koperasi Aku Mandiri dengan Harley Davidson, merupakan hal yang sangat baik. "Ini starting yang bagus sekali. Semua yang dibutuhkan oleh Harley Davidson disediakan. Kita akan coba koperasi yang bagus go internasional,” kata Puspayoga.

Dalam waktu dekat, Puspayoga akan mendorong koperasi yang bergerak di bidang asuransi untuk go internasional. "Di Malaysia, kita sudah bicarakan akan buka di sana. Kita punya koperasi yang bergerak di asuransi. Kosming jasa namanya, itu di Pekalongan. Akan kita buka cabang di Malaysia,” pungkasnya.san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER