Badung Kembali Gelar “Job Fair”

  • 17 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2506 Pengunjung

Badung, suaradewata.com- Pemerintah Kabupatenn Badung kembali menggelar Bursa Lowongan Kerja (Job Fair). Job Fair kali ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Badung dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Job Fair yang dipusatkan di areal Puspem Badung tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kab. Badung Kompyang R. Swandika, Senin (15/9).

Acara tersebut dihadiri perwakilan dari Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Anggota DPRD Kab Badung, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kab Badung Drs. Ida Bagus Oka Dirga serta SKPD terkait.

Sekda Badung Kompyang R. Swandika dalam sambutannya mengatakan, bahwa peningkatan jumlah penduduk suatu daerah juga akan diikuti dengan peningkatan jumlah penduduk usia produktif. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa jumlah pencari  kerja, angka pengangguran dan kebutuhan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan dan latihan kerja akan mengalami perubahan. Untuk memfasilitasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah adalah melaksanakan Bursa Lowongan Kerja (Job Fair). Ditambahkan, undang-undang nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan mengamanatkan bahwa Pemerintah wajib mengupayakan kesempatan kerja bagi masyarakat, baik dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja. “Penyediaan sarana informasi melalui bursa kesempatan kerja ini mempunyai nilai yang sangat strategis, karena dapat memberikan informasi dua arah secara langsung kepada pengguna tenaga kerja (Perusahaan) dan pencari kerja dapat menemukan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan yang dimiliki oleh para pencari kerja, begitu juga dengan pengguna tenaga kerja (perusahaan) mendapat tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan lowongan kerja yang diperlukan,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, melalui Direktorat Pengembangan Pasar Kerja, dalam program-programnya, dapat langsung berperan mengurangi pengangguran di Kabupaten Badung dengan melaksanakan Bursa Lowongan Kerja (Job fair) Daerah di Kabupaten Badung Tahun 2014. Dengan komitmen bersama, proritas program pemerintah dalam rangka penciptaan dan perluasan kesempatan kerja dapat diwujudkan dan dikembangkan melalui kegiatan pelatihan ketrampilan dengan pendekatan strategi Three in One yakni, program pembentukan tenaga kerja mandiri terdidik, program padat karya ekonomi produktif dan teknologi tepat guna. Kompyang R. Swandika berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, kerjasama Pemerintah pusat, Pemerintah daerah serta dunia usaha dapat ditingkatkan, karena penanganan masalah pengangguran dan kesempatan kerja tidak dapat diselesaikan hanya oleh pemerintah saja tanpa keterlibatan dunia usaha. Keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan hanya dapat dicapai dengan keterlibatan seluruh komponen bangsa, sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Badung “Melangkah bersama membangun Badung berdasarkan “Tri Hita Karana” menuju masyarakat adil sejahtera dan ajeg.

Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kab. Badung Drs. Ida Bagus Oka Dirga melaporkan, maksud dilaksanakan kegiatan Job Fair Daerah di Kabupaten Badung Tahun 2014 ini adalah untuk mempertemukan antara pencari kerja (Job Seekers) dengan pihak pengguna Tenaga kerja/Perusahaan melalui system antar kerja secara langsung guna mempermudah proses penempatan baik penempatan didalam negeri maupun luar negeri. Dengan tujuan membantu pengguna tenaga kerja/Perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mengetahui kecenderungan kualitas pencari kerja dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia dan mengurangi angka pengangguran melalui pengingkatan penempatan tenaga kerja. Job Fair Tahun 2014 diikuti sebanyak 30 perusahaan yang sudah memenuhi persyaratan. Job fair dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 15 s/d 16 September 2014. hms


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER