Hari Pertama Kerja PNS Gianyar Disidak

  • 22 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3127 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com -Hari pertama kerja  usai liburan Hari raya Galungan dan Idul Fitri, Pemkab Gianyar melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Rupanya sidak yang sering dilaksanakan Tim Penegak Disiplin membuat para  pegawai berpikir dua kali untuk membolos, terbukti pada sidak yang dilaksanakan di seluruh instansi di lingkungan Pemkab Gianyar Rabu (22/7) pagi, hanya beberapa pegawai saja yang  tidak hadir.

Tanda-tanda akan dilakukan sidak ketika Tim Penegak Disiplin yang terdiri dari Satpol PP, BKD, dan instansi terkait lainnya, sudah berkumpul untuk melakukan persiapan. Tepat pukul 07.30 wita, para pegawai khususnya bagian sekretariat dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Gianyar untuk absensi. Satu per satu nama pegawai dipanggil petugas Satpol PP untuk mengecek kebenaran kehadiran mereka.

Sidak disaksikan langsung Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra, Asisten II Ketut Suweta dan pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar. Usai absensi, Gus Gaga dihadapan pegawai mengatakan, bahwa sidak merupakan bagian dari penegakan disiplin para pegawai. Apalagi, setelah melalui libur cukup panjang sehingga tidak ada alasan untuk memperpanjang liburan. “Jika ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan akan dilakukan tindakan tegas berupa teguran bahkan ada sidang disiplin,” tegas Gus Gaga. 

Kendati demikian, Gus Gaga mengakui perkembangan kedisiplinan pegawai mulai meningkat, seiring rutinitas sidak yang dilaksanakan Tim Penegak Disiplin. Hal ini tentu karena pengawasan dan adanya kesadaran dibawah.“Tindakan tegas berupa teguran dan sidang disiplin sangat efektif untuk meningkatkan disiplin. Terpenting contoh dari para pejabat, kalau sudah pejabat yang memberi contoh otomatis diikuti bawahan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Gus Gaga juga menyampaikan terima kasih kepada instansi pelayanan publik yang tetap buka pada cuti bersama. “Pelayanan pada cuti bersama terbukti efektif dan sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Gus Gaga. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER