Pastikan Lebaran Aman, Polres Bangli Siapkan Dua Pos Pelayanan

  • 03 April 2024
  • 17:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1792 Pengunjung
Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Agung 2024 di Mapolres Bangli. Ard/SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam pelaksanaan hari raya Lebaran tahun 2024, Polres Bangli telah membangun dua pos pengamanan dan pelayanan.  Dua pos tersebut masing-masing berada di pos simpang empat Alun-alun Bangli sebagai pos pengamanan. Dan, pos simpang tiga Penelokan, Kintamani sebagai pos pelayanan. Selain itu, puluhan personil gabungan juga diterjunkan untuk kelancaran  arus lalu lintas. Hal tersebut ditegaskan Kabag Ops Polres Bangli, Kompol. Dewa Gede Oka, Rabu (3/4/2024) usai apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Agung 2024. "Dua pos pengamanan dan pelayanan tersebut dimulai dari tanggal 4 April sampai 16 April 2024," ujarnya. Lanjut Kompol Dewa Oka, dalam pengamanan dan pelayanan tersebut, sebanyak 71 personil Polri akan diterjunkan. "Selain itu, kita juga diback up dari unsur TNI, Dishub, Sat pol pp dan instansi terkait lainnya," jelasnya. 

Sebelumnya, apel gelar pasukan dipimpin Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE didampingi Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, S.H.,S.I.K di pusatkan di lapangan apel Polres Bangli. Dalam kegiatan tersebut juga nampak hadir Dandim 1626 Bangli Letkol Kav. I Ketut Artha Negara, S.H.,M.I.P, Wakil Ketua DPRD Bangli, Kejari Bangli, Pengadilan Negeri Bangli, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Disperindag, Dinas Pertanian, Kementrian Agama, Jasa Raharja serta FKUB Kabupaten Bangli. Saat itu, dilaksanakan juga penyematan pita tanda operasi.

Bupati Bangli Sedana Arta saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa sesuai survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. "Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024," ujar Kapolri dalam amanat yang dibacakan Bupati Bangli.

Dalam operasi ini, lanjutnya, telah dipersiapkan 5.784 pos diseluruh Indonesia. Rinciannya, terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Diakhir amanat disampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan sarana-prasarana pendukung dalam pelaksanaan tugas operasi. Ard/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER