Sekda Sedana Merta Pastikan Konservasi Pantai Candidasa Terwujud

  • 02 April 2024
  • 17:50 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1357 Pengunjung
Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, saat menghadiri rapat sosialisasi lanjutan tahap III, tindak lanjut konservasi Pantai Candidasa di Ruang Rapat Kantor Perbekel Nyuh Tebel, Manggis, Karangasem, Selasa (2/4/2024). Nov/SD/ist

Karangasem, suaradewata.com - Setelah berjuang dan melalui berbagai proses, Pemkab Karangasem memastikan rencana konservasi Pantai Candidasa telah dibicarakan sejak tahun 2012 dan membutuhkan perjalanan panjang, dalam waktu dekat ini akan segera terealisasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta, usai menghadiri rapat sosialisasi lanjutan tahap III, tindak lanjut rencana pelaksanaan konservasi Pantai Candidasa pada kegiatan Bali Beach Conservation Project (BBCP) Phase 2, bersama Kepala  Dinas PUPR-Kim, Wedasmara dan para Kabid serta dari Balai di Ruang Rapat Kantor Perbekel Nyuh Tebel, Manggis, Karangasem, Selasa (2/4/2024).

Sekda Ketut Sedana Merta menyampaikan, sejak tahun 2021 telah dilakukan studi dan perencanaan yang dilanjutkan dengan pemaparan dan serangkaian sosialisasi secara berjenjang. “Saya menyambut baik pelaksanaan konservasi Pantai Candidasa sepanjang 5,5 Kilometer mulai dari Puri Bagus Candidasa sampai Royal Karma Buitan melalui Bali Beach Conservation Project Phase II, dimana dalam pelaksanaannya di bagi dalam beberapa paket yaitu peket 1 di Candidasa, paket 2 di Kuta, Legian dan Seminyak, dan paket 3 di Nusa Dua, Tanjung Benoa, dan Sanur,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan pelaksanaan konstruksi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, paket 1 (Candidasa), saat ini dilakukan sosilisasi mengenai final desain dan gambar tampak dari rencana konstruksi yang akan dilaksanakan di sepanjang Pantai Candidasa.

Ditegaskannya, konservasi pantai ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi Pantai Candidasa ke kondisi alamiahnya dengan melakukan pembangunan revetment, pengisian pasir dan coral serta melakukan penataan pantai dan jalan setapak di sepanjang pantai yang tentunya akan memperindah kondisi Pantai Candidasa.

Dengan proses pelaksanaan sosialisasi tersebut, diharapkan semua pihak yang berkepentingan bisa mencermati dengan seksama desain yang telah dibuat dan memberikan masukan sehingga bisa memperkuat perencanaan dan pembangunan Pantai Candidasa. “Pelaksanaan konstruksi Pantai Candidasa akan dilaksanakan kurang lebih selama 3 tahun dan mendapatkan  dukungan dalam pelaksanaan konstruksi ini,” ucapnya.

Lingkup pekerjaan dalam proyek konservasi tersebut meliputi, Groin, Revetment, Permanent Stockpile 100.000 M3, Gravel Nourishment 84.000 M3, Walkway 5.605 Meter, Sand Nourishment 278.000 M3, Jembatan 3 Unit, Demolish Existing Groin dan Sea Wall, Fasilitas Publik dan Penataan Landscape, serta Coral Transplantation.

“Dilihat dari ilustrasi gambar sebelum dan sesudah konservasi, nantinya keindahan pantai Candidasa akan kembali seperti tahun 70-80an dengan hamparan pasir putihnya. Dengan 11 lebih area penataan yang terbagi dalam lima zona,” beber Sedang  Merta.

Pihaknya berharap dengan kembalinya keindahan Pantai Candidasa bisa membawa multi player efect terhadap perekonomian, kemajuan dan perkembangan pariwisata di Kabupaten Karangasem. Rapat sosialiasi tersebut juga dihadiri oleh para pelaku wisata di daerah kawasan DTW Candidasa serta pemilik hotel. nov/rls/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER